Kamis, 14 Maret 2013

Tips jika ingin mengunjungi Ho Chi Minh City - Vietnam




Kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa digunakan jika anda mengunjungi Ho Chi Minh City di Vietnam.
Kebetulan minggu kemarin ada kesempatan mengunjungi kota ini untuk sebuah urusan, setelah di tahun 2009 pertama kali saya mengunjungi Vietnam.
Berikut ini sedikit tips dari saya :

  1. Jika kamu akan ke Ho Chi Minh City atau yang biasa juga disebut Saigon di Vietnam ini, kamu bebas visa untuk masuknya, alias cuma pakai paspor dan bisa stay 30 hari disana.
  2. Penerbangan langsung dari Jakarta saat ini adalah AirAsia (Operated by Indonesia AirAsia), Vietnam Airlines dan Lion Air. Untuk Lion Air transit dulu di Singapura, tapi tidak perlu ganti pesawat.
  3. Untuk AirAsia per tanggal 14 April 2013 sudah tidak operasi lagi di QZ8234 ke Ho Chi Minh City, so jika kalian sudah terlanjur ada tiket kesana setelah tanggal itu, bisa di reschedulee atau di reroute via Kuala Lumpur. Refund tentunya juga bisa. So, tingal hubungi call center saja.
  4. Next, jika naik AirAsia ke Ho Chi Minh City kamu harus transit via Kuala Lumpur, dan tidak ada fasilitas fly-thru alias transit tanpa melewati imigrasi. Jadi kamu harus keluar masuk imigrasi. Better kasih jeda waktu 2 jam, jangan kurang.
  5. Bisa juga sih naik budget airlines  Tiger Airways, transit via Singapura dan harus ganti pesawat.
  6. Jika ingin naik full service yang direct bisa naik Vietnam Airlines. Yang transit Singapore Airlines, Malaysia Airlines atau Thai Airways.
  7. Untuk mata uang Vietnam alias VND (Vietnam Dong), better tarik tunai saja via ATM disana. Pastikan sekali tarik sesuai kebutuhan kamu tinggal disana.
  8. Dari Bandara Ton San Nhat di Saigon jika ingin ke kota bisa naik bus No. 152 tujuan Ben Thanh Market Terminal, tapi bus ini hanya sampai jam 7 malam yak. Atau kalau mau naik taksi pastikan naik taksi Vinasun atau Mailinh yang memang di Vietnam 2 taksi ini yang argonya benar. So selanjutnya jika ingin menggunakan taksi selalu pastikan 2 taksi ini.
  9. Disarankan print out dulu nama dan alamat hotel dengan bahasa dan tulisan Vietnam ya, untuk mempermudah saja jika ingin naik taksi, karena tidak semua supir taksi atau orang Vietnam bisa bahasa inggris.
  10. Oiya di Bandara Tan Son Nhat ini terminal domestic dan international beda gedung, dan harus keluar jalan kaki jika akan pindah terminal untuk connecting flight.
  11. Di depan bandara terdapat sebuah mall yaitu CT Plaza. Cukup jalan kaki 5 menit sudah sampai. Jadi kalau mau killing time, di airport dan ingin belanja, nonton film atau ke restoran bisa ke mall ini. Di depan mall ini juga banyak taksi Vinasun yang standby.
  12. Taksi Mailinh di airport setelah keluar kedatangan, belok kiri sampe ujung di tempat menunggu taksi nomer 1, ada petugas dengan topi MaiLinh warna hijau.
  13. Jarak ke pusat kota sekitar 7 km, ditempuh dalam waktu 20-30 menit dengan biaya taksi sekitar 160,000 VND.
  14. Tempat penginapan yang banyak ada di District 1. Dari yang murah sampai yang mahal ada disini.
  15. Tempat penginapan yang terkenal murah ada di Pham Ngu Lao Street (masuk gang kecil) atau di Bui Vien Street ini jalan selalu ramai.
  16. Pastikan hotel atau hostel menyediakan free wifi gratis, biar tetap eksis tentunya dan bisa akses goggle map. Karena kebanyakan hotel/hostel disana ada fasilitas ini.
  17. Makanan halal susah-susah gampang di Saigon. Ada resto Little India di Bui Vien dan dekat situ juga ada KFC juga resto VN Halal dekat Ben Thanh Market.
  18. Masjid di District 1 berjarak sekitar 2-3 km dari Bui Vien. Di sekitar masjid banyak juga makanan halal.
  19. Mengenai tempat wisata tidak akan saya bahas disini, sudah terlalu banyak yang bahas kan?
  20. Di Vietnam banyak sekali kafe dengan sajian khas kopi Vietnam yang yahud. So jika demen banget ngopi wajib kudu ke kafe disana. Nongkrong!
  21. Ini dia beberapa kafe rekomendasi dari gw :
    • Sozo Cafe
Tempatnya di Bui Vien 176 District 1. Sangat mudah ditemui. Kafe ini unik. Pelayannya sangat ramah semuanya. Kopinya yahud, ada free wifi. Kue dan cake nya mantab. Harganya juga sangat wajar. Disini mereka memperkerjakan karyawan dari orang yang kurang beruntung. Tapi jangan salah service yang diberikan sangatnya luar biasa. Menyediakan ruangan ber AC juga.
Buka dari 7 pagi sampai jam 22.30 malam.

    • Kita Kafe
Tempatnya di Nguyen Hue 39-41 District 1. Tempat di pojokan.
Kafe mungil dengan tatatan yang asyik. Ini kafe dengan rasa kopi yang paling nikmat!
Tempat di jalan raya besar dan sekitar terdapat pepohonan yang rindang. Ada ruangan ber AC dan juga non-AC. Pilih yg non AC di lantai atas. Unik dan free wifi juga.

    • MyLife Cafe
Tempatnya di Nguyen Du District 1. Sebenarnya awalnya saya ingin ke Café La Fenetre Soleil, tapi karena tak jadi akhirnya saya mengunjungi kafe ini, Tempatnya modern. Sofanya empuk, kopinya modern tapi nikmat. Harga juga tidak mahal. Pelayananya seger-seger. Dengan wifi yang cepet banget disini.

  1. Dan jika mau beli oleh-oleh khas Vietnam, Yang terkenal adalah beli di Ben Thanh Market.
Tapi kalian harus pintar menawar harga disini, ada blok kios yang fixed price juga disini. Hati2 dengan barang bawaaan ya, terutama HP, dompet dan barang berharga lainnya. Di Ben Thanh Market ini terkenal banyak copetnya.
  1. Kalo males ke pasar ini, bisa ke Department Store alias mall. Ada sebuah Mall di Nguyen Hue 35 yaitu Saigon Tax Trade Center yang menyediakan oleh-oleh dengan harga cukup rasional dan disana terdapat supermarket yang cukup besar juga.
  2. Jika mau beli oleh-oleh makanan lebih baik beli di supermarket saja. Khas Saigon adalah kacang-kacangan, dan juga oleh-oleh kopi serta teh. Lihat detail label halal jika ingin memastikan halal buat dikonsumsi, kudu jeli, ada kok yang ada label halalnya.
  3. Rekomendasi supermarket adalah di Saigon Tax Trade tadi Nguyen Hue tadi, atau di Citimart di Parkson District 1. Pilihannya banyak.
  4. Mau belanja baju. Di Saigon harga baju terbilang murah, karena di negara ini industri konveksi juga cukup pesat. Jika suka fashion dari butik lokal bisa ke jalan Nguyen Trai, sepanjang jalan ini banyak sekali butik lokal, dan juga terdapat Zen Plaza juga. Jika jalan lurus terus sekitar 1 km akan sampai di Vincom Center, mall terbesar di Vietnam. Dekat sana juga ada Gereja Katedral dan di belakang gereja ini ada Diamond Plaza.
  5. Saigon juga bisa diakses darat dari Kamboja, atau jika ingin melanjutkan perjalanan darat ke Kamboja juga bisa baik bus, agen bus banyak di District 1. Pastikan di agen yang benar, tanya petugas hotel lebih baik.
  6. Makanan khas Vietnam adalah Pho, alias mie beras dengan campuran kuah bening dan daging. Jika ingin makan Pho yang halal dan enak bisa ke resto VN halal atau di dekat masjid Tran Hung Dao di District 1. Atau di Saigon@Halal di dekat hotel Sheraton.
  7. Oiya, kota Ho Chi Minh ini lalu lintasnya cukup kacau untuk pengendara motornya. Dan ingat, mobil disana adalah stir di sebelah kiri. Jadi di jalan posisi lalu lintas terbaik dengan di Indonesia, pastikan saat mau menyeberang jalan.Selalu hati-hati dan jangan ragu saat menyeberang jalan ya.
  8. Situs untuk booking hotel bisa via agoda, booking.com atau langsung ke situs hotel/hostelnya. Jika ingin tahu review oleh pengunjung lain bisa di tripadvisor sebagai bahan pertimbangan.


Selamat jalan-jalan ke Saigon!
Semoga tips diatas bisa membantu ya…


2 komentar:

Vicky_DN mengatakan...

Tips yang sangat informatif!
Terima kasih mas Arifien :)
Semoga bisa segera kesampaian jalan2 ke Saigon... :D

Arifien Munandar mengatakan...

Sama2 mas Vicky..
semoga kesampean naik LH A346 ya, hehehe..