Senin, 28 Mei 2007

Kebun Binatang Ragunan >> sedikit kemarin..


 

>> Dita, udah ngebangunin jam 7,.. eerggh.. mata masih merem melek habis tidur jam 2.


>> Iqbal, dah nungguin jam 9 di Jatibening.


>> Nyarap dulu jam 10 di depan KB Ragunan.


>> Ketemu sekian anak MP yang baru-baru, walaupun sebagian wajah lama..


>> Muter-muter Kebun Binatang Ragunan,.. baru pertama kali bow kesini


>> Foto-foto dikit… *aarrghh.. gak puas gw foto2nya..*


>> Gelar tiker, main UNO sambil nyemil makanan…


>> Naik busway ragunan-halimun-dukuh atas-bendungan hilir. Capek juga ya..


>> Anter Dita beli-beli baju doloo.. *ngeborong ya Neng..*


>> Telp Ifan dan dia sudi dateng dari Cibubur ke Plangi


>> Ngupi2 di Soho sambil nunggu Norman & Jo


>> Gila, main UNO lagi,.. kali gw gw bisa menang 2 kali.. :D


>> Makan di kantin Plangi, (kali ini pecel ayam gw bener-bener panazz Jo..)


>> Nunggu bus ke Bekasi.. pulang deeh ama norman


>> Mandi, edit2 foto, bobok… ehm.. jam 1 lagi tidurnya..


>> Ngantuk!!



Segera Hadir..!!


Foto-foto Edisi Kebun Binatang Ragunan

Cerita Bergambar Edisi Kebun Binatang Ragunan


Tunggu ya…!!!

Sabtu, 19 Mei 2007

..air pasang lagi di laut...

seperti tulisan di berita utama surat kabar ibu kota hari ini...
.. ya... air di laut sedang meraung lagi...
dari ujung Sumatra sampai indonesia timur...
air laut memasangkan diri.. sampai 4-5 meter menerjang pantai..
ratusan rumah,.. ratusan perahu, ratusan warung di pinggir pantai rusak..

..argh.. selesai bencana banjir, angin... sekarang daerah pesisir menangis lagi...

.. pantai,.. sebuah tempat favoritku untuk sekedar berlibur..
mungkin dulu di kota asalku tidak ada punya pantai, jadi aku begitu menikmati suasana pantai.. bisa meluapkan emosi, menenangkan pikiran, dan menyegarkan kembali jenuh..

mulai dari pesisir selatan jawa timur, .. pantai di tulungagung, trenggalek, malang, jember sudah aku ajak bermain airnya...
pantai utara jawa timur, probolinggo, surabaya, tuban, lamongan.. sudah aku rasakan asinnya pula...

ah.. sekarang duka kembali melanda negeri ini..

jadi ingat bagaimana asyiknya mandi di pantai anyer... asyiknya lari2 di pantai pelabuhan ratu.. serunya foto2 di parangtritis & nambangan... leganya bisa berjemur di kuta.. dan tantangan mandi di dreamland..

ah.. laut...
jagalah bibirmu.. bibirmu dengan daratku..
sudahlah kau menerjangnya... kini... sekian lagi korban menangis pilu...

besok.. aku harap tidak ada lagi kisah sedih menambah dari sekian terjangan ombak di pantai itu...
amin...

*dedikasikan.. untuk sekali lagi.., bencana di terjangan air pantai saat ini..*


di sanur bali.. udara sore menemani



di pasir putih trenggalek, jawa timur.. menjelang senja ..


di dreamland, menjelang berenang di petang hari..


di nambangan, surabaya.. mengejar matahari terbit..


di pelabuhan ratu,.. mencoba meluapkan emosi


di parangtritis, jogjakarta.. bukan berlari dari masalahku..


(bukan rupiah buat masalah).. tetapi pelayanan yang payah!!!

.. bukan kenapa.. ini hanya dua cuplik kejadian semalem dan hari ini yang aku alami..


sesuai dengan judul diatas.. semoga bisa menjadi sebuah pelajaran bagi semua, entah siapapun, dimanapun dan untuk tujuan apapun..


Pertama...


.. kemarin.. tepatnya malam, sehabis aku pulang kerja.. aku sempetin mampir di sebuah minimart deket komplek.. lebih tepatnya Alfamart. Aku hanya membeli sebotol minuman ringan, kertas sampul coklat dan wafer.


Yang aku perlulan sebenarnya adalah kertas sampul coklatnya, karena besok aku mau mengiirim paket buku titipan kakakku,  jadi biar lebih rapi aku gunakan kertas sampul coklat.


Saat aku mengambil kertas itu, tertulis jelas di situ seharga 2.450.


Tapi..?? saat aku membayar di kasir plus tambahan yang lain, tercetak di mesin adalah 2.600.


Aku hanya nyelutuk ringan ke mbak kasirnya, "Mbak,.. ini kok harganya beda??" " Ya gak bisa dong, gimana sih..?"


Tapi., mbak nya hanya tersneyum kecut tanpa memberikan konfirmasi.


Total pembelian adalah 7.800 rupiah, aku kasih uang kertas 10.000. Dan diberikan kembalian 2000 rupiah plus permen 2 biji.


"Yah... permen lagi.. emang aku beli permen".. aku hanya dalam hati bergugam.


----->> Bisa diambil sebuah kesimpulan disini.. Kenapa sebuah keteledoran masalah mastering harga bisa terjadi..?? Bukan selisih harga sampul buku itu yang hanya 150 perak. tetapi sebuah penipuan terjadi disini. Aku sih tidak mempermasalahkan. Melainkan, respect dari sebuah pelayanan sangat tidak ada disini.


Kedua... sudah bukan rahasia umum lagi. Kalau kasir di minimart mana-mana, selalu saja membulatkan kembalian sampai 500 rupiah hanya untuk permen. Hah..!!! Segitunya mereka ternyata sambil jualan permen..??? Kadang pembulatan di bawah 100 rupiah saja tidak dikasih permen. dan dibulatkan otomatis.


Aku salut ke giant & hero, untuk kembalian sampai 25 perak pun mereka memberikan kembaliannya..


Coba deh hitung, dalam sehari saja, keuntungan dari pembulatan2 rupiah itu, dan hasil penjualan permennya.


Kekekekekeke.. Pengen tertawa dalam hati...


Kedua...


Pagi ini... aku berniat mengirimkan paket berisi buku titipan kakaku ke daerah di Jawa Timur. Setelah aku mandi, dan lapar di perut. Aku berniat mengirimkan lewat kantor pos saja. Walaupun lewat kantor pos dikenal agak lambat, dan kurang perhatian kepada kualitas pengiriman. Aku pikir isinya hanya buku beratnya sekitar 1 kg dan gak terburu-buru dikirim.


Dan yang lebih penting aku bisa sambil sarapan di nasi uduk yang dikenal enak disebelah kantor pos. Hm.. sekalian jalan.


Setelah sampai disana, aku menuju kantor pos dulu sebelum sarapan.


Setelah ditimbang beratnya 1.5kg, aku bilang pake biasa aja, karena tidak terburu-buru.


"Berapa mbak..?" aku tanya total biaya..


"41.000 rupiah" jawab mbaknya


"Yang biasa lo mbak jangan yang kilat" aku jawab..


"Iya 41 ribu mas.." jawab mbak nya lagi


"Lho mbak.. bulan lalu aku kirim pake dsini juga seukuran kotak hp (sambil tanganku menggambarkan ukurannya) beratnya juga 1 kiloan hanya 15 rb mbak, masak ini berat juga 1.5 kg 41 rb??"


"Mana resinya mas sebagai bukti...?"


"Wah.. ya gak bawa mbak..?, aku tetep berusaha mempertahankan diri, karena aku sangat ingat sekali, saat aku kirim sebuah souvenir ke kakaku lewat kantor pos ini juga, dengan kotak sebesar hp, beratnya 1kiloan hanya 15rb.


"Gak ada paket jenis lain?" tanyaku


"Ada mas tapi pengirimannya minimal 3kg dan biayanya, sekilonya 10r, tapi minimal 3 kilo mas, jadi masnya tambahin berta buku ini sampai 3kg" kata  mbaknya sambil mengembalikan paketan ke aku dengan muka masam.


What..??!!!!!!!! permainan apa ini..


Haluuuuu... PT POS INDONESIA..??


"Ya udah.. ya udah... berapa tadi 41 ribu kan.. ini uangnya" sambil aku membirikan uang 100.000.


Dalam hati.. untung aku tadi sempat mampir ATM, kalo tidak uang di dompet tidak cukup, karena hanya tersisa 25rb. Aku pikir ongkos kirimnya sekitar 15rb juga.


Ups.. tahu begitu aku akan kirim lewat jasa ekspedisi swasta. Dari pengalamanku 1 kg hanya 12rb, butuh waktu 2 hari.


Dan dekat pula dengan komplekku.


Ah.. emang udah rejeki POS INDONESIA..


-->> Sudah jelas pula disini, bagaimana sebuah pelayanan kurang menyenangkan dan kebingungan mana yang benar dan ketidak jelasan terjadi disini. Sudahlah, mungkin akan dibuat pelajaran bersama saja.


 


*Nama detail, tempat kejadian sengaja tidak ditampilkan disini, demi nama baik yang bersnagkutan. Jika ada pihak yang menanyakan bukti dan kejelasan kejadian detail ini. Bisa menghubungi saja, dan akan saya berikan bukti yang autektik.


 


 

Rabu, 16 Mei 2007

(lusa kejepit..) ..udah resiko aku dijepit di hari..

dudududu...
mo gimana lagi..
sekian orang ngerasaian super duper long wiken..!!


jumat sebagian ada yang cuti bersama,.. cuti sendiri..., ada yang bolos..
deeeeeeeeeeeee...


ada yang pergi keluar kota.. ada yang berlibur..ada yang pulang kampung..


ergh..!!
gw..???!!
masuk kerja..!!


maklum baru 1,5 bulan di kantor baru.. belum dapat cuti kan..??
belum berani bolos..???!! masih masa percobaan kan..??


wah... kalo aku dah dapat cuti pasti diambil.. kalo gak dikasih ya berani bolos..!!


ehm.. gak nyaman banget kejepit..!! errgh...!!


hoya... jumat ada yang masuk kerja tak..??!!


besok mau kemana ya..???


 

Jumat, 04 Mei 2007

(shockku pagi ini) mengapa kabar ini harus ada dan menyebar..?

“Fien, gara2 kamu keluar kerja dari PT.X tahu gak akibatnya, jika nama kamu tercoreng, termasuk temen-temen kamu, dan yang paling parah adalah nama kampus kita, itu nanti efeknya ke adik tingkat kita, PT. X jadinya tidak percaya lagi sama kampus kita”


 


What..???


 


Itulah sebagian isi e-mail yang pagi ini mengagetkanku..


Begitu pagi tadi jam 7.30 aku tepat duduk di mejaku. Dan seperti biasanya, setelah menyalakan computer, aku buka aplikasi email kantor. Dan salah satunya mendapatkan e-mail yang sebagian bunyinya seperti diatas…


 


Hmm… email itu dikirim oleh salah satu temen kampusku dulu seangkatan dan satu jurusan.


Dan parahnya lagi e-mail itu di cc ke sekian orang, yang notabene adalah salah temen-temen aku dulu sekampus, baik seangkatan atau kakak tingkat.


 


Ini maksudnya apaan nih..???


 


Langsung aku reply all dari email yang masuk itu. Aku memberikan konfirmasi sejelas-jelasnya bagaimana proses aku resign dari PT.X sebelum aku masuk ke tempat kerjaku sekarang. Dengan berusaha memberikan penjelasan yang logis dan dengan bahasa sebijak-bijaknya, walaupun di hati dan pikiran sempat panas juga mendenga berita itu.


 


Mungkin sebagian ceritaku ini juga sudah aku tulis di dalam blogs ku di MP ini, dari awal cerita sampai akhirnya aku resin.


Bagaimana dari awal aku tidak ada masalah dengan PT. X baik secara pekerjaan, dan personal. Alasan kenapa aku resign, yak arena aku merasa tertantang dengan pekerjaan yang baru ini..


Disaat iklan lowongan itu terpasang di internet, awalnya iseng2 aja, dipanggil tes ya syukur gak dipanggil ya gak pa-pa. secara syarat umur sebenarnya aku belummasuk, yaitu 28-35 tahun.


Akhirnya aku lolos, dan dengan sekian proses aku resign, dengan proses yang normal tentunya.


Dan dengan banyak sekali pertimbangan,s ampai aku juga berkonsultasi dengan sekian orang untuk memantabkan niat ini.


Ah.. aku pikir sekali lagi itu adalah sudah takdir aku harus mencari rejeki di tempat lain.


 


Kalau ditanya hubunganku dengan PT X bagaimana..?


Ya baik lah… aku juga kenal baik dengan direktur dan presdirnya,sampai aku akhirnya pamit di hari terakhir untuk tidak bisa bekerja sama lagi secara hubungan kerja


 


Bahkan, setelah 1 minggu aku bekerja di kantor barupun, aku masih masuk di PT X di hari sabtu untuk mengerjakan laporan keuangan konsolidasi, direktur dan presidr masih percaya aku yang mengerjakan, walaupun secara struktur aku sudah bukan karyawan PT X lagi.


Bahkan, minggu depannya lagi, aku masih diundang syukuran kelarnya proses audit tahunan di PT X.


 


Ada apa ini….?? Apa masih belum percaya, dan terkesan nama baikku jelek di PT X? dan aku punya sejarah yang buruk di PT X


 


Kenapa tiba-tiba gossip entah berita bohong ini akhirnya merebak… dan parahnya kata salah seorang temanku.. berita ini sudah menyebar ke sekian teman sekampus ku dulu, baik seangkatan maupun tidak..


 


Ya Tuhan..???!.....


 


Sampai akhirnya pagi tadi, setelah aku tulis email balasan konfirmasi itu, aku langsung pencet telp untuk menelepon PT X,.. aku menghubungi HRD dan salahs atu temenku di departemenku dulu., untuk mengkonfirmasi berita itu, apakah setelah aku resign ada berita gak bener berhembus, dan mereka bilang tidak ada masalah.. semua sudah berjalan dengan baik dan lancer.


Bahkan dari HRDnya sendiri sangat berbaik hati mengurus sisa gajiku dulu serta uang pensiun yang akhirnya bisa aku refund kembali..


 


Langsung, aku menelepon satu temen seangkatanku dulu, aku yakin dia juga dengar berita ini… untuk sekedar mencari tahu, informasi ini dari mana…??


 


Ternyata aku mendapatkan informasi siapa orang ke 2 yang dengar berita ini .. langsung aku telpon temenku yang satunya itu…


 


Lebih dari 15 menit aku telpon langsung ke handphonenya, aku bicara tanpa henti untuk mengkonfirmasi berita tersebut, dan menceritakan semuanya..


Agar nantinya tidak salah paham..


Aku berusaha tidak emosi dan bisa dengan kepala dingin aku selesaikan sedikit demi sedikit


 


Setelah aku puas dengan ucapan konfirmasiku tadi lewat telepon, aku akhirnya mereply all lagi e-mail tersebut.


Dan aku mengkonfirmasi lagi jika aku sudah menghubungi PT X dan dari PT X merasa tidak ada yang disudutkan dalam masalah ini.


Sampai akhrnya  aku menuliskan nomer telpon dan alamat email dari manager, direktur dan head dari HRD di PT X , tempat aku bekerja dulu.. jika mungkin nantinya dibutuhkan untuk konfirmasi jika mungkin masih ada ganjalan atau merasa tersudut dan dirugikan dengan keadaanku saat ini.


 


Cobaan apalagi ini Ya Allah…


 


Memang pada intinya aku harus sabar dan .. dengan lebih bijaksana aku bisa memandang masalah ini, dan menyelesaikan dengan kepala dingin. Tanpa ada permusuhan, perselisihan dan ada yang dirugikan lagi..


 


Aku tidak perlu mencari siapa yang menyebarkan berita ini, walaupun sebenarnya aku sudah diberi tahu oleh salah seorang temanku asal muasal berita ini,


Tapi aku tidak mau enuduh tanpa bukti yang jelas..


 


Yang aku sesalkan..


Apa motif dari semua ini..?  apa aku dulu punya salah ke orang tersebut? Apa dia punya maksud lain.?


Dan kenapa e-mail dan berita ini terlanjur menyebar kemana-mana..


Sekarang pun aku tidak tahu sampai mana berita ini berkembang


 


Secara logika,..


Perusahaan sebesar PT X dalam hal recruitment karyawan tidak akan sepicik itu untuk melihat kandidatnya.. tidak melihat dari mana asalnya, selama kandidatnya ok ya masuk.. lagian PT X juga menggunakan konsultan untuk psikotesnya, jadi lebih independent.


 


Pada intinya aku tidak mau membesarkan masalah, dan juag tidak ingin menambah rumt masalah ini.


Aku Cuma kasihan ke sekian orang an terlanjur mendengar berita ini, dia pastinya (mungkin) merasa ikut tersudut atau merasa dirugikan..


 


Maafkan aku temans.. aku tidak ada maksud dan niat apapun,..


Semua ini sudah berjalan sesuai dengan mestinya, dan terselesaikan dengan sebaik-baiknya..


 


Ah.. semoga malam ini tidak lagi ada bayangan pikiran ini lagi.. dan aku berdoa semua akan berjalan dengan baik-baik saja


 


Terkirim salam hormat buat teman2 di FEUB khususnya angkatan 2000

untuk sesuatu yang lebih baik .. pikirku

Aku memang harus siap berubah


 


Sebuah kata berubah mungkin yang sepertinya sedikit menjadikan sebuah dilemma baut aku saat ini..


 


Entah asalnya dari mana.. aku juga masih belum tahu asalnya..


Dari hati yang jelas akhirnya muncul sebuah niat itu..


Ya… aku harus berubah … apapun itu..


 


Sekian waktu mungkin aku berjalan seperti ini dan itu…


Seperti dirantau yang kadang aku merasa aku menjadi terlalu naïf.. menjadi egois dan sekian hal yang terjadi..


 


Ketidakterimaan aku terhadap alam… terhadap sekitar .. dan sebuah keputusan..


 


Biar saja menjadi cerita yang tidak akan aku balik…


 


Kini.. aku hanya ingin tersenyum.  Saja…


Sudah cukup waktuku yang lebih dari setengah abad menikmati dari apa yang sudah terasa lebih nikmat, baik.. dan sepertinya.. terlupa oleh sekian janji hati..


 


Ehm.. harus belajar menjadi lebih dewasa.. dan lebih bijaksana…


Semua orang boleh menilai aku ini adalah seperti ini dan itu… begini dan begitu…


Sekarang… dan mulai dari saat itu…


Terasanya,.. aku memang harus segera lebih baik lagi…


 


Sudah cukup indah.. suah cukup aku ternikmati..


Buat apa aku nanti… mau aku bawa kemana badan ini..


Akan aku apakan omonganku.. akankah aku bertanggungjawab kepada siapa…?


 


Sekian kata dari sebuah tingkah laku yang lebih menjurus ke sebuah koreksi dari diri sendiri..


Terhadap tindak tanduk.. ucap kata.. pemikiran. Dan sebuah pengambilan keputusan..


 


Aku masih akan banyak belajar…


Masuki dunia baru lagi.. dan aku harus lebih siap menjadi seseorang yang sekiranya bisa berguna bagi siapa saka..


 


Bukan sebuah perenungan nasib sebenarnya..


Tetapi lebih dari keinginan untuk menjadikan diri dalam untaian kata yang menginginkan semua hal berjalan dengan lebih baik..


 


Merubah diri.. dan siap untuk berubah…


Seiring sekitar yang ikut merubah juga…


Tapi disaat yang lain berubah, aku pikir hanya sekian saja aku merubah..


Dan bukan saja berubah, tetapi terubahlah apa yang sudah aku pikir patut untuk berubah.. sesuai dengan cita-citaku untuk berubah..


Agar semua berubah menjadi lebih baik..


Tapi bukan menjadi rubah?

Kamis, 03 Mei 2007

.. ternyata.. Ayahku sudah tua juga...

Ayahku ternyata sudah tua ya..?


 


 


Ah itulah sebuah pernyataan dalam hati.. begitu kemarin terima pesan sngkat lewat ponsel dari kakakku.. jika ayahku tahun ini pensiun..


 


Ya,. Ternyata memang aku baru sadar jika tahun ini beliau berumur genap 60tahun. Sebagai pegawai negeri tentunya umur yang memang harus pensiun..


 


Hhm…


Entah rasa apa yang berkecamuk di hati..


Seperti baru kemarin .. aku masih bersekolah di SD. Dan aku diajak jalan-jalan naik motor dan duduk di depan..


Aku paling suka itu…


Ayahku suka mengajakku jalan-jalan keliling kota naik motor, dan aku paling suka duduk di depan sambil mainan pencetan klakson..


 


Ayahku tipe orang yang sabar sekali..


Hampir tidak pernah marah ke aku..


Entahlah.. tapi kalaupun harus marah beliau mendingan diam. Dan menjauh dariku..


 


Beliau juga orang yang sabar..


Jika aku dulu saat SMP atau SMUpun pas main ke rumah temen dan harus pulang malam.. beliaulah yang rajin menungguku di rumah, yang membukakan pintu pagar dan pintu rumah.. baru jika aku sudah pulang entah itu sudah lewat tengah malam, baru beliau bisa tidur.


 


Ayahku orang yang baik..


Beliau selalu juga selalu menuruti kemauanku yang egois dan nakal..


Kalau aku malas masuk sekolah dulu, selalu rajin buatin surat ijin tidak masuk.


Ah… sekali lagi nakalnya aku..


 


Ayahku juga sangat suka mengajakku makan di luar,.. mentraktirku… dan mengajakku mencoba makanan-makanan baru..


 


Dulu, kalau hari minggu ayahku juga suka mengajakku main ke sawah.


Ya kita punya sepetak sawah yang dikerjakan orang lain. Dan tiap hari minggu atau hari libur kita kadang menengok kesana.. bermain air di sawah, kadang ikut juga memetik beberapa sayuran untuk dibawa ke rumah..


 


Dulu ayahku paling menyemanagtiku untuk mengejar cita-citaku masuk perguruan tinggi favoritku..


Selalu memberi uang transport disaat kelas 3 SMU aku harus bimbingan belajar seminggu 3 kali ke Kediri.. ya dari kotaku di Nganjuk sampai ke Kediri aku tempuh dengan naik bus selama 1 jam.. dan jika sampai malam aku tiba di Nganjuk, aku selalu dijemput di perempatan …


Ah.. aku jadi mengingat saat itu .. ehm.. sekitar 8 tahun yang lalu, uuuhh, gak terasa..


 


Ayahku juga rajin menabung..


Aku ingat dulu saat masih kecil.. jika tabungan sudah terkumpul, uang itu digunakan untuk merenovasi rumah kecil kami.. seiring bertambah dewasa anak-anaknya.. mengganti perabotan, menambah ruangan kamar…


 


Aku ingat..


Dulu saat masih kelas 1 SD, saat aku berantem dengan kakakku.. dan seolah-olah ayahku membela kakakku, aku menjadi kalut dan aku lari ke kamar ayahku dan dengan tangan kecilku aku memukul cermin besar di lemari samai pecah berantakan.. tanganku pun menjadi berdarah…


Ah… itu salah satu kenakalanku dulu…


 


Ayahku dulu juga yang mendampingi aku saat itu masuk UGD gara2 saat masih kecil aku memancing, mata kail masuk ke kakiku dan tidak mau dicabut..


Begitu pula yang rajin mengantarkanku ke dokter gigi saat masih kecil.. maklum dulu saat masih kecil sakit gigi adalah penyakit langgananku.. entah sampai puluhan kali mungkin..


 


Ayahku juga yang membelikan apa saja kebutuhanku dulu..  dan mengantarkanku membelikannya.. baik itu sepeda, tas, sepatu, buku, baju, dll..


 


Ehm… sejak aku kuliah di Malang, tahun 2000, dan aku harus kerja di Bogor trus ke Bekasi trus ke Jakarta,. Dan sekarang sudah masuk 2007.


7 tahun lewat.. ehm.. aku hanya bertemu beliau dalam setahun bisa dihitung dengan jari.


 


Ya.. sehingga aku tidak sadar bahwa tahun ini ayahku genap 60 tahun, dan akan pensiun.


 


Tuhan…


Berikan aku kesempatan untuk membahagiakan ayahku..


Memberikan apa yang dulu sudah diberikan ke aku ini.. memberikan kebahagiaan yang membuat beliau bisa mengingat saat manis itu..


 


Mengapa tiba-tiba aku mengingat beliau.. dan sepertinya aku sekian waktu melupakan waktu dimana disaat aku harus memberikan perhatian..


 


Waktu memang tidak akan pernah tahu. Besok ada apa.. dan kita akan seperti apa..


Saat ini doa untuk orang tua ku bisa aku titipkan.. lewat sesaat waktu aku berbisik doa dalam kesempatan aku bersimpuh ke Yang Maha Kuasa


 


Cerita aku dulu dan ayahku.. sebuah manisnya pembelajaran dan cerminan buat aku nanti..


Secara aku juga dewasa.. dan nantinya juga akan seperti beliau.. menjadi ayah dari anak-anakku kelak..


 


Hanya ingin saja… semuanya berada dalam garis yang bisa kita lalui bersama dengan lebih baik dan sesuai dengan angan-angan baik kita…


 


Semoga ayahku bisa bangga saat ini dan merasa tidak terlalu merinduku…


Semoga ucap ini dibawa oleh angina.. dan terengar lirih .. bersama doa kesehatan dan kebahagiaan buat ayahku, ibuku.. dan keluarga besarku disana..


Amin…


 

Rabu, 02 Mei 2007

(2mei) pembelajaran untuk mendidik diri sendiri...

 

Hari ini hampir lupa kalau tanggal 2 Mei..


Ah.. sebuah pertanyaan dulu sering di saat ulangan jaman SD.


Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal berapa..??


Ehm... 2 Mei...




Yak.. hari ini entah bersejarah bagi siapa..?


Yg jelas gak ada salahnya jika sesaat saja kita sedikit melihat kisah pendidikan kita masing2..




Disaat dulu mulai masuk TK,...


belajar menghitung, menulis huruf, bernyanyi dan menggambar.. dan tertawa bersama teman2 semua..




Di saat masuk SD, selama 6 tahun.. mengenal banyak sekali ilmu pelajaran..


bagaimana dulu ada pelajaran PMP, IPA, IPS, Agama, Ketrampilan, Bahasa, dll..


sebuah kisah yang membekas selama 6 tahun di sekolah dasar.




Mulai masuk SMP.. sudah masuk ke puber.. mulai agak2 sulit pejarannya.. ada Fisika, Biologi, Matematika, dl..


kadang sebuah cerita cinta pertama sudah mulai terbentuk...


bertemu dengan semakin banyak teman-teman dari latar belakang yang berbeda dan lebih beraneka ragam..




Saat dewasa.. SMU menjelang kita..


Sebuah gejolak emosional mulai membekas sekali di dalam diri kita.. sebuah pilihan dari sekian ilmu mulai ditampung disini..


adanya refleksi dari sebuah emosi, pelajaran dan egois mulai berkecamuk..


ehm... sebuah pilihan dari nalar akan sedikit ditentukan disini...




ah...




saatnya masuk ke perguruan tinggi..


sebuah keputusan buat jalan hidup nantinya... harus mulai ditentukan .. langkah menjadi orang yang mendiri dan dewasa sudah dimulai disini..


pembentukan naluri manusia sejati.. selayaknya terbentuk dalam balutan seorang mahasiswa..




halah....




apapun itu.. sebuah kata pendidikan tidak harus selamanya dilegalkan dalam sebuah bentuk apapun..


sebuah pendidikan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan apapun itu..


sebuah pembelajaran untuk menjadi lebih baik lah.. tujuannya..




setiap detik adalah belajar... dan sekian nafas adalah keinginan untuk maju dan berkembang..


dewasa dan umur hanyalah hitungan waktu saja..


tetapi.. sebuah ilmu.. tak lekang oleh waktu..




dan akan tersimpan dari, oleh dan untuk semua..




apapun itu..




tak ada maskud apapun dan tidak ada salahnya.. di hari pendidikan nasional ini..


mungkin akan mengingatkan kita.. bahwa.. pendidikan... lebih berarti dari pentingnya sebuah pembelajaran setiap saat untuk apapun agar menjadi lebih baik.. untuk kita, dan semua..




dedikasikan buat para guru-guruku, dosenku, pembimbingku...


dan kedua orang tuaku yang keduanya adalah seorang guru... thx bapak dan ibu...