Rabu, 31 Oktober 2007

(14 hari).. dan nasib perutku malam ini ..

Ups!

Hari ini gw genap 2 minggu di kantor baru.

Dan masih (alhamdulilah) belum pernah telat sama sekali. Tapi sih ntar-ntar kayaknya bakalan telat terus, huehuehue..

Soalnya aktifitas kantor lebih efektif mulai jam 10 pagi.

Hah!

Ya begitulah, apakah mungkin ini culture dari Europe apa gimana aku juga belum tahu..

 

Tadi jam 10 pagi ngantuk bener-bener terasa banget, entah kenapa ya..? atau memang kurang tidur atau…??

Emang ruangan gw di kantor terkenal dinginnya

Apalagi pagi tadi.. erghh! Sumpah dingin banget!

Sampe aku putusin ke kantor kemeja aku rangkepin pake sweater…

Sutralah… kemeja warna merah di mix dengan sweater kutung warna biru..

Ergh!!

Kayak permen kali ya… ahahahahah!

 

Untung tadi ON langsung tanggap langsung menyuguhkan secangkir kopi pahit ..

Seddap… menghalau ngantuk menyerang…

 

Emang sih pagi tadi aku hanya sarapan roti dan buah… apa masih laper..??

 

e-mail terkirim ke temen di gedung sebelah untuk ngajak makan siang barengan…

Tepat jam 12, aku langsung cabut… rongrongan suara perut menuntut untuk diisi dengan makanan siang itu…

Aha! Ketemu menu sop iga sapi…! Dasar laper, doyan, atau rakus… ehm.. sampe tetes terakhir habis… (emang enak sih) cukup lah dengan 10 ribu sudah dapat semangkuk sop iga sapi, nasi plus the tawar hangat…

Mantab!!

 

Habis sholat dhuhur..!

Hoohaaahem…!! Halah. Ngantok molo..

Apalagi aku kudu disipkan dengan sekian hasil meeting project di Vietnam kemarin malam…

Dududududu…

 

Ah lewat.!

 

Anak2 segroup ga tahu dari mana pengen pesan makanan delivery KFC.. ber empat pesan by phone… ehm.. diriku yang memang ngefavorotin chicken fillet.. akhirnya masuk daftar juga.. hahahhaha!

 

Tiba-tiba sudah menunjukkan waktu jam 4 sore..bentar lagi pesenan dateng nih..

Uhh!! Mendung lagi di langit terlihat dari celah jendela… hujan! Dingin! Becek di jalan..!

 

“Fien, kamu ke kantor Pancoran gih nyerahin dokumen buat audit ke Manager FA disana” tiba-tiba bossku muncul sambil nyerahin voucher taksi dan dokumen yang kudu gw serahin…

 

“ok pak..”… *walaupun berasa.. ya. Gak jadi makan anget2an nih sore ini*

 

Jam 4 lebih aku sudah berada di tol yang keadaan sore itu padat merayap.. *huh*..

Sesampainya di kantor Pancoran langsung menuju gedung yang dimaksud dan nyuruh taksi nunggu dulu karena gak lama banget disana…

 

Ternyata kudu menunggu dulu, yang bersangkutan masih ada keperluan di ruangan laen…

Hanya 20 menit menunggu… sudah kelar juga urusan sore ini..

 

Keluar dari komplek kantor,. Perut masih meminta diisi yang enak2 nih… *badan!!*

Akhirnya nyuruh sopir taksi menuju ke McD Tebet dulu..*hahahahahah*

 

Pesan Chicken Burger plus Mc Flurry *my fav* buat menemani perjalanan macet.. xixixixixi…

Ya.. karena kan jam 5an itu jalanan udah penuhh!!!

 

Jadi di jalan sambil menikmati perjalanan yang macet.. sambil menikmati Mc Flurry.. dan ditemani suara MP3 dari HP *dasar ga bawa handfree sih*…

 

Hah.. ternyata.. tol menuju Pulomas ga padat… agak cepet juga sih…

Di samping badan masih tersisa Chicken Burger…*wakakakakak*..

Tapi kok udah kenyang yaaa….

Ntar deh dimakan di kantor..

 

Selesei ngasih voucher dan masuk kantor.. belum sempat masuk .. di ruang tunggu di dekat taman ada Edith lagi duduk sendiri sambil ngerokok..

 

“Ya Edith, gw bawa 1 aja nih Burgernya.., sorry ya.. gw makan sendiri” ucapku iseng2 nawarin.. hihihihihi *sorry dith*…

 

Ah.. masuk juga ke perut burgernya….

Ditambah sebatang rokok mild dari Edith menambah mantab aja (pesta kebun) sore tadi..

Wakakakakakakkk!!

 

“udah ah, gw masuk duluan ya.. mo ngadep boss nih, thx Dith rokoknya” ucapku begitu isapan terkahir di rokok terhisap.. sambil ngebuang putung rokok…

 

Sampai di meja sudah teronggok pesenan KFC gw.. Chicken Fillet…

Hah..! makan lagi..???? *yakin…???*

 

Ups..! sebelum ke mushola, cek2 imel bentar….

 

Dan sekalian sholat maghrib.. dan baliknya… ups! Di ruangan kok rame..??

“Ada apa Maria..? kok rame… trus ada 6 susun pizza ukuran gedhe disana” tanyaku..

“Itu ada yang lagi party”. Jawab Maria temenku..

 

o….o…..

 

selesai ini dan itu..*biasa lah ucap2 lah…*

 

Sepotong pizza yang penuh berisi macam-macam.. masuk juga…

 

*arrghh!!!*

 

Apalagi di ruangan penuh dengan aroma pizza, beef, chicken, tuna, seafood, keju . dan bau2an pizza lainnya…

*huh!*

 

Membuatku agak2 pening jadinya…

 

*bayangin dah makananku hari ini..*

 

Jam sudah jam 7 lebih…

 

“Her, gw pulang dulu ya, agak2 pening nih” kataku ke temenku…

 

Sambil aku memasukkan Chicken Fillet KFC, Orgaziner, HP dan ambil kunci motor… serta 2 voucher taksi buat besok aku training di Pancoran..

 

Sekarang…??

Nasib seonggok Chicken Fillet itu masih belum jelas…

Apakah bisa masuk ke perutku..?

 

Aku belum mutusin….

(dingin) di Selamat Pagi...

Selamat pagi..!!!

 

Urgh…. Bangun pagi hari ini dingin banget…

Mungkin setelah kemarin Jakarta sempat diguyur hujan beberapa jam kali ya…

 

Setelah kemarin pulang kantor jam 10 dan baru tidur jam 12…

Urghh!!

Masih ngantoook….!!!

 

Errh!

Masih sibuk training nih di kantor baru ga sempat nulis2 blog.. huehuehuehue!!

 

Hari ini kamu ada apa..???

 

*sambil ngedengerin musik pembangkit semangat hari ini sambil menunggu se jam lagi baru mandi…*

 

 

Senin, 22 Oktober 2007

Firasat ini, rasa rindukah atau tanda bahaya... (doain semuanya baik2 saja)


.. sebait lagu Marcel ini malam tadi sebelum tidur aku dengarkan…

Ah..!

 

Awalnya sih berfikir..

Tumben nih kakakku pertama tidak sms mengucapkan selamat ultah kemarin.

Dan tadi juga saat ngedengerin lagu ini aku sambil buka-buka album foto kakakku pertama…

Foto yang baru kemarin diambil saat lebaran.

Ada kakakku, suaminya.. dan Nada,. Ponakanku itu…

Dan juga foto2 Nada, keponakanku satu-satunya yang kemarin sempat aku foto banyak sekali…

 

Aku sms dia

“Gimana kabar? Ibu baik2 aja kan? Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…”

 

Kok gak terkirim..??

Biasanya HP kakaku jarang sekali mati,.. ah mungkin kehabisan baterai kali ya…

 

Dan jam 9 malam tadi aku tertidur,. Karena memang benar-benar kecapekan dan ngantuk sekali..

 

Jam 11.30… aku terbangun, mungkin karena aku belum sholat Isya’ kali ya…

Langsung aku ambil wudhu.. dan sebelum sholat aku ambil hp di kasur mau aku taruh ke meja..

Aku cek dulu kali aja ada sms masuk.

Ada 4 sms masuk…

3 dari temenku.. dan 1 dari nomer yang belum aku kenal..

 

Aku baca berututan..

Dan saat aku masuk ke sms dari pengirim nomer tidak aku kenal..

“Q baru kecelakaan di Kediri kemarin, hp ilang. Skrg masih di rs dengan suami dan nada. Nanti keluarga kesini. Btw, met ultah ya”

 

Ya Allah…

Ini sms dari kakakku…

 

Apa yang terjadi..???

Mereka sekeluarga kecelakaan..?????

 

Sedikit ada firasat dari kemarin…

Apalagi sore tadi…

Dan sekarang aku benar-benar tidak bisa menghubungi siapa2.. bingung..!

Karena beberapa telpon tidak bisa dihubungi…

 

Dalam doaku sehabis sholat Isya’ tadi..

 

“Yaa Allah.. semoga keluarga kakakku diberikan ketabahan, kesabaran, dan diberikan kesembuhan dalam menghadapi cobaanMu ini..”

 

..sekarang,.. aku tidak bisa tidur… dan kembali mencoba berusaha menghubungi keluargaku…

 

 

Minggu, 21 Oktober 2007

..diNGin..!.. BaSah...! DaN.. LaPaR.!

Dingin…

Aku kedinginan…

 

Lapar…

Aku kelaperan…

 

Basah…

Tadi kehujanan…

 

Bekasi – Kelapa Gading.. diguyur hujan…

Malas berhenti..

Terus diterjang..

Hasilnya…

 

Semuanya basah…!!

 

Sudah lama ga main hujan-hujanan soalnya…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(hidup baru).. ulang tahun & kado... *halah..*


Lupa..

Kapan pastinya dapat hadiah ulang tahun pertama..???

 

Dulu sih di keluarga besar kalau ada yang ultah selalu dirayain kecil2an..

Paling2 ada menu masakan special, trus dimakan barengan.

 

Trus ngasih kado gitu lah.. isinya ya ga mahal2.. paling2 peralatan sekolah.. hehehe..

Ya maklum jaman anak bocah dulu, masih sekolah.. jadi seneng aja dapat buku tulis, pencil, penghapus stiker yang lucu-lucu…

 

Tapi kebiasaan itu hilang disaat sudah meninggalkan rumah, intinya mulai kuliah..

 

Ah.. itu hanya sebagian kecil cerita saja..

 

Yang jelas umur sudah berkurang.. dan justru bagaimana dengan sisa umur ini bisa lebih digunakan dengan baik.

 

Sudah kuhitung 26!

 

Beberapa event memang aku anggap sebagai pembahagiaku.. entah itu hadiah.. kado… bingkisan…

 

Pastinya,.. mulai angka 26,.. yang diawali tidak jauh dari Lebaran.. saatnya memang bersihkan hati dan memulai hal-hal dan cerita yag baru…

 

Kedua…

Bagaimana aku bisa bekerja di tempat yang baru ini..

*ini memang aku anggap hadiah dari Yang Diatas* bagaimana aku harus bisa menjaga amanat dan menjalankan dengan baik..

 

Ketiga…

Tinggal di lingkungan yang baru.

Tentunya harus lebih bisa berubah dan menyesuaikan yang baik2…

 

Keempat..

Mendapatkan sekian teman-teman seperti kalian ini..

Merupakan sudah menjadi kebahagiaan tersendiri..

 

 

Satu… dua.. tiga….

 

Ngomong-ngomong ada yang mo kasih kado ga nih..???

 

Dan… sampai besok…

…arifien masih disini…

Dan selamat datang di angka 26!!

Jumat, 19 Oktober 2007

(hidup baru) menghitung 26 (!)


1 2 3 4 5 6 7………..23 24 25 26

 

Ehm.. capek juga kalau harus berhitung sampai 26

 

Kalau itu merupakan umur..?

Wah…

Bisa dikatakan sudah dewasa (kah..??)

Sudah lebih dari ¼ abad..

 

Dulu, .. saat masih duduk di bangku sekolah melihat orang yang berusia 26 sepertinya sudah sangat dewasa sekali.

Seperti baru kemarin aku lulus sekolah

Seperti baru kemarin aku masih bermain dengan teman-teman kecilku..

 

Ah,.. seperti baru kemarin aku tidur masih ditemani ibuku..

 

Dan seperti baru kemarin saja saja, aku melewati masa-masa balita

 

Dan.. beberapa saat lagi… tak terasa sudah 227760 jam menghirup udara di dunia

Cepat.. cepat.. cepat…!

 

Berputar dunia.. berganti matahari.. dan aku tumbuh bersama alam yang berganti..

 

Berganti.. dan berganti … dan akhirnya.. sudah sekian ini melewati usia..

 

Tak banyak berharap lebih..

Hanya bisa melewati sisa dari tanggung jawab hidup ini dengan lebih bijaksana, berguna dalam kedamaian hati.

 

Cukup berucap syukur… dan memohon restu dari semua..

Agar.. semuanya bisa menjadi lebih baik .. semua

 

Masih 1 jam lagi aku menikmati nilai 25 ini..

Dan setelah itu.. 26 dengan penuh tanggung jawab harus disambut dengan syukur dalam doa..

 

Amin…

 

Kamis, 18 Oktober 2007

(nada) Kangen...!!



Nada….

 

Om kangen kamu…

 

Belajar yang rajin ya…

 

Jangan nakal…

 

 

..(dudududu).. setahun kemarin kuteringat..., kumenunggumu...


Sayang

Walau bulan tak bercahaya…

Cintaku selalu dalam jiwa

Dilubuk hati terdalam

 

Sayang

Jika memang kau sungguh sayang

Diriku takkan berpaling lagi

Kupeluk selamanya..

 

 

….

 

Melangkah pergi…

Berteman sepi..

Berbayang teduh matamu….

 

Argh..!!

Sepotong lagu “Setahun Kemarin”  Kahitna, ini.. membawaku… terngiang akan sesuatu…

 

 

(hidup baru)... 1&2 hari pertama..!! penuh dengan....

Hah..

Baru 2 hari di kantor baru .. pengennya sih jadi anak baek….

 

Eits,…

Tentunya…

Hari pertama udah datang jam 8 kurang..

Sepi…….!!

Duh, mungkin sebagian masih banyak yang ambil cuti lebaran..

Secara di kantor baruku ini ternyata jatah cuti bersama dalam setahun diatas 12 hari,.. tergantung level sih..

Dan asyiknya aku ntar dapat jatah 20 hari dalam setahun, asyyiiikkkk…!

Tapi masih setahun lagi baru bisa diambil.. xixixixixixi..

 

Ups! Ditunggu sampai jam 11 ternyata hanya beberapa orang saja yang nongol..

Bener kan… banyak yang masih cuti…

 

Akhirnya bandelnya keluar lagi…

Huahahahahah!!!

 

Jam 11.30 udah istirahat… ambil 30 menit lebih awal..

Secara sudah dapat temen gaol.., jadi langsung deh meluncur ke Mall Kelapa Gading…

Dududu..!

Cuci mata…

Dan balik sudah jam 1 lebih sambil membawa setenteng roti Bread T**k… huahahahahah..!!!

Eits,… jam 6 sudah dijemput temen…

Secara, belum bawa motor ceritanya…

Trus diajak jalan dan makan sampe malam….

 

Ngantuk.. tidur…..!!!

 

Hari ke dua…..

 

Duh.. masih sepi euy..

Tapi, ya.. orang bertambah beberapa biji dibanding hari pertama…

Ehm, mo jadi ana rajin ah….

Buka2 dokumen2 dan .. belajar sekian pekerjaan yang akan ditanganin…

Dudududu!! Suuzzaaah juga ya…

 

Siang tiba2 hape berdering…

“fien, pulang jam berapa ngantor, ngumpul di Plangi yuk…”…

 

Huhahahahaha.. jadi pulang teng go nih..!!

Ah… nekad aja.. secara juga masih sepi dan sebagian juga pulag tenggo…

 

Busway membawa ke Plangi…

Disana sudah ada Ditta, Jo, dan Umar menunggu…

Ya berhalal bi halal lah…. Sambil makan bareng…

 

Nyampe kost udah jam 9… mumpung jalanan masih agak sepi…

 

Besok, hari ke 3 ada apa lagi ya..?????

Selasa, 16 Oktober 2007

(hidup baru)... hoi..hoi.... kost baru..!

Yak… hari ini resmi masuk ke kost baru…

Selamat datang…..

 

Ini baru aja selesei beberes baju, buku-buku, perkakas-perkakas yang sebenarnya ga begitu perlu..

 

Halah… ternyata bawaanku banyaaak….!!!!

 

Duh.. sampe satu taksi aja ga cukup.. kepaksa besok akan ada kloter kedua..

 

Dan bakalan ada kloter ketiga, duh!! Motorku belum kebawa..

 

Jadi, besok…??? Kepaksa ngebis jadinya…

 

Ups..!!

Sudah disiguhkan segelas es sirup coco pandan… dan juga air es yang dingin..

Ehm…. Barusan mandi segar…

 

Dan bentar lagi tidur..

 

Semoga kasurnya nyaman, bisa menemani dengan mimpi2 indah setiap malam.. bisa menyegarkan pikiran sehabis lelah bekerja…

 

Dan…

Besok…, siap2 bertempur di ladang baru,,

 

Wish me luck!!

Senin, 15 Oktober 2007

(hidup baru)... Selamat Tinggal Jawa Timur... balik yoook ke Jakarta...

Duh…

Saatnya meningalkan Jawa Timur lagi..

 

Sedih…

Tidak bisa tidur-tiduran di kamar rumahku lagi…

Ga bisa menikmati hembusan angin segar…

 

Gak bisa merasakan masakan ibuku tiap hari..

 

Ga bisa kumpul-kumpul dengan teman-temas sekolah dulu…

 

Dan, saatnya kembali lagi ke dunia baru..

Sekian agenda dan pekerjaan menantiku di Jakarta..

 

Hoyaaaaaaaaaa…!!!

 

Semangat..!!!

 

Selamat datang hidup baruku…

Semoga aku bisa menjalani hidup baruku dengan lebih baik, lebih semangat dan tentunya bermanfaat…

 

Thx buat David Mario, Nana, Miko, Rust, Anang, kakak2ku dan kedua  ortuku.. dan semuanya yang membuat liburanku di Jawa Timur menjadi meriah…

 

Ketemu lagi ya.. nanti….

hik.. badanku tambah item... oleh2nya...

 

 

*sambil menunggu pesawat balik ke Jakarta, di Bandara Juanda….*

Sabtu, 13 Oktober 2007

Aku Gemuk Lagi.. (!)


Itu lah yang aku alami jika…

Pulang ke rumah ..

Apalagi saat lebaran seperti ini.

 

Ah….

Aku gemuk lagi…

 

Di rumah makaaaaannn molo..

Apalagi menu makanan di rumah selalu saja banyak variasi yang enak-enak..

 

Belum lagi jika berkunjung ke rumah sodara, teman, dll..

Minum sirup… plus kue-kue lebaran.. plus disuruh makan lagi…

 

Arrrrggghh,,..

Mo nolak ga enak.. mo makan atau ambil dikit ntar dikira jaim

Hualah….

 

Trus belum lagi ketemu ama temen2 dulu dari SD sampai SMU…

Errghh… sering diajak kumpul2 dan makan dirumah…

 

 

Tambah deeh,…

 

Entah sudah berapa piring nasi yang aku makan hari ini

Entah sudah berapa gelas minuman manis yang aku minum hari ini

Entah berapa potong kue lebaran yang aku cicipi hari ini..

 

Dududududu!!!

 

Aku gemuk lagi..

 

Tapi, 2 hari lagi aku kembali jadi anak kost lagi…

 

Huahahahahahahahaha…!!!

(hidup baru)... untuk bahagia dia.. (dari sms ibunya)


…awalnya memang berniat mengirim sekian ucapan selamat lebaran ke sekian teman, rekanan, dan saudara lewat sms..

Tak lupa ke orang tua ex. cewekku di Bali

SMS dikirim : “Mengucapkan, Selamat Hari Idul Fitri 1428 H. Mohon maaf lahir batin. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx….”

 

Beberapa saat kemudian,

SMS diterima : “Terima kasih, xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…, Oh iya, Mutiara akan menikah tanggal 10 Novomber nanti, datang ya ke Denpasar”

 

 

Duughhhh!!!!!!!!

 

Jantungku langsung berdegub kencang…

 

Dia akan menikah..????

Dengan siapa..???

Cepat sekali semenjak aku putus dengan dia…

 

Ups..!

Memang hidup baru harus berjalan…..

Kemanakah dulu kalung yang aku pasangkan di Sanur..?? Kemanakah sisa sayang dulu yang masih terasa….??

 

Ah,.. semoga dia bahagia…

 

..dan,.. aku  masih punya sekian episode baru yang segera hadir…

Jumat, 12 Oktober 2007

Selamat Hari Lebaran (kemarin, hari ini, dan esok)


Bagi teman-teman semuanya

Baik yang berlebaran tanggal 11, 12, 13 Oktober…

 

 

Arifien Mengucapkan…

Selamat Hari Raya Idul Fitri  1428H

Mohon Maaf Lahir Batin

 

Semoga kita semua diberikan rasa kebersamaan yang lebih

 

 

Arifien Munandar

Selasa, 09 Oktober 2007

..surabaya!!... aku ngantuk bangget!!!




baru aja nyampe di surabaya..
langsung disambut dengan hawa khas kotanya...

apalagi setelah itu naek motor..
hem... menikmati hawa malam harinya...

skrg.. entah kenapa mataku berattt banget.. padahal seharin tadi diriku gak ngapa2in...
bengong... dan tidur2an aja di kamar..

hoohaaaheeem....
perutku lapar... hanya terisi paha kecil ama nasi plus sebotol air putih saat tadi buka di bandara..
dudududududu...

aku pengen merasakan makanan malam surabaya.....

*laper... mengalahkan rasa kantukku...*

Minggu, 07 Oktober 2007

Mooooodikk!!!.. Juga..!!!.. dan...


Sorry ya…

Akhirnya diriku mudik juga…

Maaf…maaf…

Batal sholat Ied di Masjid Istiqlal deh…

 

Ya mo gimana lagi…

Kepulanganku akhirnya dipercepat

Besok udah kudu balik, pakai pesawat jam 10 malam… *ehm… malam nian*

Dan selasa harus urus sekian surat-surat buat diserahin ke kantor baru,.. mengejar hari kerja di beberapa kantor di kampung…

 

Huah!!!

 

Semoga semuanya lancar..

Rencana sih begitu sampai di Surabaya besok mau begadangan di Surabaya sampai pagi..

Biasa temu kangen ama Surabaya, sekalian cari makanan malam, foto-foto bareng David Mario..

 

Oi..oi..

Bagi MPers yang ada di Surabaya.. bisa nih bergabung yak…

 

Kali ini, lumayan waktunya di kampung seminggu full!!!

Yups, tgl. 15 balik ke Jakarta lagi..

 

Bagi yang mau mudik.. hati2 di jalan…. Salam buat keluarga di rumah..

 

*nulis ini sambil ditemani suara kembang api yang kenceng dengan kilauan yang bagus banget di langit hitam…*

Sabtu, 06 Oktober 2007

.. buat cahaya esok


Ada banyak sekali titian cahaya

 

Milikku satu pasti…

Aku jumpai esok saja

 

Sebelum aku tenggelam

Sebelum semuanya dimulai lagi dari awal

 

 

..ingatku pada,

Pagi esok dalam menemani semenjak terik dan jingga menutup

 

Buat menemani aku lari

Lari untuk membawa benar hati,

Seandainya aku bisa kembali dulu

 

Dan, mewarnai hujan warna-warni

 

Embun akan aku rubah menjadi biru saja…

Untuk menguatkan hati

Cintaku

 

 

Setelah ini pasti,.. pasti sahajanya ada

 

Untuk kalian

Kontroversi Cuti Bersama Lebaran tahun ini

 

 

 

Dari pengumuman awal memang cuti bersama lebaran tahun ini adalah tgl. 12, 15 dan 16 Oktober 2007. Mengingat lebaran jatuh pada tanggal 13 dan 14 Oktober.

 

Ehm,… memang tanggal yang kurang tepat buat mudik. Secara lebaran pas jatuh pada hari sabtu dan minggu jadi tidak ada waktu tambahan libur.

 

Bagi karyawan baru atau baru pindah,.. seperti saya contohnya yang yang belum mempunyai jatah cuti tahunan, mau tidak mau harus menggunakan waktu cuti bersama dari pemerintah, jadi hanya punya waktu 5 hari buat mudik. Cukup..?

 

Sebenarnya arutan cuti bersama ini anjuran, peraturan, atau bagaimana sih..??

 

Soalnya yang saya tahu ada lho beberapa perusahaan yang tidak mematuhinya..

 

Eits, tunggu dulu…

Akhirnya pada tanggal 1 Oktober kemarin, pemerintah mengeluarkan pengumuman baru untuk cuti bersama, yaitu dari tanggal 11 sampai tanggal 19 Oktober, yang artinya 9 hari.

Wow…!

Lama…

 

Kenapa baru muncul setelah tanggal 1 ya..?

Ehm, padahal sebagian nih pasti sudah mempunyai tiket balik bukan pada liburan cuti bersama sampai tanggal 19.

Ups!!... yah, itupun jika tidak ditambah tambahan cuti sendiri lo…

 

Tapi..??

Sebenarnya..? ada tidak sih sanksi bagi perusahaan yang tidak mengikuti aturan pemerintah ini..? yaitu cuti bersama sampai tanggal 19?

Atau tetap memasukkan karyawannya tetap pada tanggal 17 Oktober..

 

Dan untuk cuti bersama ini sebenarnya mengurangi jatah cuti tahunan tidak sih..?

Ah, saya jadi bingung… kadang ada yang bilang tidak mengurangi , tapi ada juga yang mengurangi. Yang benar yang mana ya..?

 

Contoh nih,

Perusahaan tempat bekerja saya (yang barusan saya resign Jumat kemarin) sama sekali tidak mengikuti peraturan pemerintah, jadi tetap masuk pada tanggal 17 Oktober, bahkan untuk corporate masuk pada tanggal 16 Oktober.

Ups! Padahal Nasional Company lo..? yang seharusnya harus mengikuti peraturan pemerintah kah..??

Bisakah ini melanggar hak-hak karyawan?

 

Tapi di perusahaan tempat saya bekerja sebelum ini, yang notabene perusahaan Jepang. Cuti bersama diputuskan sesuai aturan pemerintah, yaitu sampai 11-19 Oktober. Wow..

Kenapa justru perusahaan asing ya yang mengikuti aturan tersebut..?

 

Bagaimana dengan cuti bersama kalian..?

 

Dari saya pribadi..

Seharusnyalah semua perusahaan yang berada di kawasan Indonesia mengkuti aturan tersebut, karena itu juga untuk menghormati bagi karyawan yang merayakan hari raya keagamaan yang jatuh hanya setahun sekali.

Yah, dikecualikan mungkin bagi perusaaan yag bergerak di bidang kesehatan, layanan unum atau jenis tertentu yang memang segera dibutuhkan.

 

Coba bayangkan jika cuti bersama lebaran tahun ini masih dengan peraturan awal yaitu 12, 15,16 Oktober.

Total hanya 5 hari. Bagi seseorang yang mudik menggunakan angkutan darat, conroh aja dari Jakarta ke Jawa Timur/Sumatra, membutuhkan perjalanan 1 hari., pulang pergi 2 hari. Dan di kampung halaman hanya 3 hari. Ups..! sangat singkat sekali…

Dengan catatan yang bersangkutan tidak menambah cuti sendiri atau emamng belum mendapatkan jatah cuti tahunan.

 

Dilema ini lah yang akhirnya saya angkat ke permukaan di kantor saya (ex kantor saya maksudnya) begitu saya tahu perubahan keputusan cuti bersama, dan perusahaan tempat saya bekerja dan ternyata perusahaan itu tidak memakai peraturan cuti bersama yang baru. Jadi hanya libur 12-16 Oktober 2007.

 

Ups!!

Sebuah ancaman SP jika saya mengkumandangkan usulan itu.

Dan saya mencoba mencari dukungan beberapa teman2 saya untuk berbicara dengan manajemen, tetapi mereka segera menciutkan hati karena ancaman SP jika mencoba melawan manajemen.

 

Ah..!!

Saya hanya kasihan dengan beberapa teman yang harus pulang mudik ke kampung halaman yang jauh, hanya berbekal libur yang sangat sedikit.

Yang sangat disayangkan, kenapa sebuah perusahaan nasional yang notabene mempunyai nama besar di Indonesia justru bertindak seperti itu.

 

Itu hanyalah cerita yang sudah lewat, karena kemarin saya sudah resmi meninggalkan perusahaan itu….