Facebook Badge

Senin, 06 Agustus 2007

(awal) menuju ke Pantai Pangandaran


Akhirnya keinginan mengunjungi Pangandaran terlaksana juga..

Kemarin lusa, tepatnya Jumat, 3 Agustus 2007 saya mengunjungi tempat tersebut.

Bersama 3 orang teman, menggunakan mobil teman saya, jam 21.15 kita berangkat dari Bekasi.

Ehm… sebuah perjalanan yang lumayan panjang malam itu, secara kita berempat semuanya belum pernah main kesana.

Hanya berbekal nekat kita membulatkan tekat untuk sekedar jalan-jalan untuk merehatkan pikiran… *halah..*

 

 

Sepanjang perjalanan di tol cikampek jam segitu lalu lintas masih terlihat padat lancer, maklum wiken jadi banyak arus mobil menuju kea rah timur Jakarta, yang tentunya didominasi oleh truk-truk tentunya.

 

Mampir sebentar di rest area di daerah Karawang untuk mengisi bensin dan mencari kudapan menemani perjalanan sebagai pemberhantian pertama.

 

Karena juga semua penumpang notabene baru pulang ngantor, jadi capek dan rasa ngantuk tak bisa dibendung.

Akhirnya kita memilih berjalan dengan kecepatan sedang saja.

Tapi, tawa dan canda menemani perjalanan tentunya… sehingga mengurangi rasa kebosanan di jalan.

 

Memasuki tol Padalarang sudah terasa agak sepi,.. dan kita baru berhenti kembali saat keluar tol Cileunyi menuju Tasikmalaya, sekedar bertanya sambil membeli air minum di toko setempat.

 

Ehm…. Jam 1 pagi kita berhenti kembali… entah didaerah mana.. sepetinya di daerah antara Tasikmalaya dan Ciamis… disebuah pom bensin, kita berhenti sekitar 30 menit untuk ke toilet, melemaskan tubuh, (sekali lagi) mencari kudapan.. Tak lupa menghisap nikotin sejenak tentunya … maaf saya belum makan malam.. dan tentunya mencari kopi panas agar badan kembali segar kembali.

Hm… hanya dengan 4000 rupiah, sudah bisa mendapatkan kopi panas, plus roti plus kerupuk… sekalian kita juga bertanya untuk memastikan jalan menuju ke arah Pangandaran…

 

Memasuki kota Ciamis di tengah malam begitu nyaman terasa, jalan begitu lengang.. tetapi tampak bersih.. terlihat suasana yang sejuk segar dan tambak agak2 basah sepertinya baru baru saja diguyur hujan beberapa jam yang lalu.

 

Yang harus dicatat…,

Kadang petunjuk jalan akan ada, tetapi kadang saat kita menemui perempatan atau pertigaan petunjuk tersebut tidak ada, sehingga harus beberapa kali kita berhenti untuk bertanya dengan orang-orang yang malam itu masih ada di pinggir jalan.

 

Hm… hampir 5 kali kita bertanya, dari pada sesat di jalan bukan..???

 

Mendekati jam 3 kita sudah sampai di daerah Banjar, suatu kecamatan di Ciamis yang mengharuskan kita untuk berbelok ke kanan menuju arah selatan.

 

Disinilah jalan lurus menuju pantai Pangandaran.

Jam menunjukkan pukul 3.15. Kita memutuskan untuk merehatkan mata di disebuah pom bensin, agar paginya kita benar2 fresh!..

 

Dan jam 6.15 kita kembali melanjutkan perjalanan, .. terlihat petunjuk jalan tertulis Pantai Pangandaran masih 22 km lagi.

Tetapi jalan menuju kesana kita harus melewati sebuah bukit dengan jalan berkelak-kelok..

 

Jam 7 lebih kita sudah memasuki area Pantai Pangandaran…

 

Ya…, hawa sejuk dan hawa pasir pantai sudah menyambut kami.

Terlihat luas pantai dan laut selatan nampak luas membentang..

Hari itu belum begitu ramai, mungkin masih pagi hari kali ya…

 

Dilanjutkan kita berkeliling dahulu di jalan sekitar pantai untuk mencari penginapan buat istirahat kita malam itu, untuk menaruh tas, membersihkan tubuh, dan bersiap menuju beberapa lokasi tempat wisata di daerah sana

 

Hm….. yang jelas.. sudah digandakan rapi, mau kemana saja hari itu…

 

Di Pantai Pangandara tentunya…, di Green Canyon, Batu Hiu, Taman Laut, Pasir Putih, Suaka Margasatwa, Tempat  Makan malam dengan menu Seafood, menjadi tempat kami seharian di hari Sabtu kemarin…

 

Lebih detail perjalanan kita mengunjungi tempat-tempat diatas…. Akan saya tulis di jurnal selanjutnya…

 

Tunggu ya…