Rabu, 26 Desember 2007

dan cerita dari atas kereta.. sampai akhirnya aku masih di Pekalongan.. (sekian lagi buat PT KAI)

“Yukk.. cepetan.. udah jam 7.30 nih keretaku jam 20.15 soalnya…” kataku kepada Wira dan Madja..

Ya 2 orang temen SMU ku dulu yang sengaja hari itu, lebih tepatnya hari Selasa 25 Desember.

Sengaja bertemu di MC Café Delta Plasa Surabaya.

 

Setelah sebelumnya aku baru sampai di tempat tersebut jam 5.30 sore..

 

Bergegaslah akhirnya kami bertiga keluar dari area mall di kawasan jalan Pemuda Surabaya untuk segera menu Stasiun Pasar Turi Surabaya.

 

Kondisi agak-agak hujan,.. suasana jalan menuju stasiun itu sepi dan basah..

Tak sampai 15 menit aku dan kedua temanku susah sampai di stasiun tersebut.

 

Setelah membeli 3 tiket peron, aku memilih menunggu kereta yang menurut jadwal seharusnya berangkat 15 menit lagi.

Ughh!!! Ramai.. kondisinya penuh..!!

 

Sambil aku mengobrol sambil kita makan roti boy yang tadi aku beli di Delta Plasa…

 

Waktu menunjukkan jam 20.15 kok belum ada tanda-tanda kereta akan berangkat ya..? .. kataku dalam  hati.

 

Tiba-tiba dari pengeras suara terdengarlah pengumuman yang mengagetkan.. yang isinya kurang lebih seperti…

 

“Mohon maaf kepada seluruh penumpang kereta api Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta, kereta akan mengalami keterlambatan keberangkatan 1 jam, dan berhubung ada masalah teknis, maka kereta akan melewati jalur selatan yaitu Jombang, Madiun, Solo, Semarang..”

 

 

“hah..! gila..!! lewat jalur selatan..?? mo berapa jam perjalanan nih.??” Kataku ke temenku

 

“Serius nih lewat selatan,.. duh..! bisa-bisa sampai Jakarta siang nih..Wah..wah… kurang ajar..!!! tahu kayak gini aku naek pesawat ..” kataku dengan sekian emosi memberitahu ke kedua temenku..

 

Ah dan kayaknya memang terlambat… karena sampai jam 21.00 belum naek kereta…

Langsung aku ambil HP dan sms ke temen kantorku Maria dan Heru untuk memberitahu kejadian ini.

Aku bener2 ga enak, sudah libur 6 hari, masak datang terlambat sampai setelah hari.. dan aku perkirakan sampai Jakarta jam 2 siang.

Apa-apaan kayak gini..

Banyak sekian kerjaan tertunda, apalagi sudah menjelang akhir tahun, dan ada jadwal meeting pula hari ini..

So,.. semoga teman kerjaku se-divisi bis amengerti aku, kalau kereta api terlambat berangkat, dan melewati jalur selatan pula..

 

Mau gimana lagi… akhirnya kereta baru berangkat jam 22.00 dari stasiun Pasar Turi Surabaya..

 

Dan… herannya……

 

Banyak penumpang yang gak sadar jika kereta akan lewat jalur selatan,..

Hahahahaha

 

Aku hanya bisa tertawa dalam hati…

 

Gila pelayanan PT KAI,.. sudah terlambat dan lewat jalur laen, tapi pengumumannya tidak maksimal..

 

List saran buat Stasiun PasarTuri Surabaya..

  1. Tidak ada tempat duduk buat menunggu kereta, masak berjubel kayak pasar saja. Tenpat duduk kira2 hanya buat 40 orang. Padahal penumpang yang akan naek kereta cuman segitu apa..??
  2. Tempat sampah..???? susah dicari…! Maaf jika bungkus roti boy ku harus aku lembar ke pot bunga…
  3. Suara pengumuman lewat pengeras suara kurang kencang. Tahu lah kan orangnya banyak, dan (aneh) pake hibura live musik dangdut pula di dalam stasiun.. jadi mana calon penumpang bisa dengar suara pengeras suara untuk pengumumannya. Aneh..!!
  4. Keadaan parkir yang penih air.. bolehlah ini musim hujan.. tapi. Ya tolongnya jalanan depan stasiun diperbaiki..
  5. masak dari tempat parkir menuju ruang tunggu saya harus merelakan sepatu dan celana saya kotor oleh air dan tanah

 

hah..!

sudahlah… memang beginilah keadaaan fakta yang baru sekian jam aku alami…

 

pasrah jika kereta ini harus terlambat sekian jam sampai Jakarta

 

Saat aku menulis blogs ini waktu menunjukkan jam 7.15 WIB.. dan aku sampai di Pekalongan..

Jam 5.45 WIB tadi sampai di stasiun Tawang Semarang.. yang  biasanya sampai stasiun Semarang (katanya….. secara orang sebelahku turun Semarang) jam 00.30 WIB..

 

Dan… mohon ya PT KAI agak2 tahu diri dan jangan BOHONG…

Begini…

Saat baru saja berangkat meninggalkan Surabaya… seperti biasa ada pengecekan tiket..

Iseng-iseng aku tanya ke petugas pengecek tiket..

Ya biasa lah.. tahu sendiri kan.. mereka memaki baju rap pakai jas pakai topi kayak polisi.. entah itu seragam yang aneh buat aku..

 

“Pak, kira-kira sampai Semarang jam berapa..?” tanyaku sambil menyerahkan tiket..

“Ehm… ini kan lewat jalur Sekatan mas, jadi lewat Solo… ke Solo kira-kira 3 jam mas dari Surabaya, dan dari Solo ke Semarang itu hanya 1 jam” kata dia penh percaya diri.

 

“Ah, masak sih pak ke Solo 3 jam,..  kayak saya tidak tahu Solo itu dimana saja..” kataku sambil menerima tiket ku kembali..

 

“Jadi intinya 4 jam pak sampai Semarang.., jadi jam 2 sampai nih” kataku lagi..

 

“Seperti itulah..” jawab dia seadanya…

 

“Pak.. bilang sampai Semarang pagi jam 6 aja susah pak…” kataku sengit sambil membiarkan dia berlalu memeriksa karcis penumpang yang lain..

 

LIHAT..!!!


Prediksiku … sampai Semarang jam 6 kurang bukan…

 

Duh..! Petugas KAI ga usah nyeneng2in aku lah.. sampe membuta bualan seperti itu, emangnya aku anak kecil apa sampe pake bualan model beginian…

 

Dan…

Sungguh… aku sangat kecewa .. dan benar-benar kapok naek kereta euy..

Benar-benar pelayanan yang payah…

 

Servicenya mana..??

Sampai aku harus kehausan di kereta… dan lapar tentunya… xixixixixixix…

 

 

Logikanya begini….

Seharusnya sampai Jakarta pukul 6 pagi, dan rencana sampai Jakarta jam 1.30 siang..

Secara tanggung jawab sosial dia harus memberikan sarapan gratis kepada seluruh penumpang…!

Ya pasti kelaperan lah….

Belum lagi ada yang dirugikan sekian waktu juga…

 

Ah sudahlah..!

Semoga bisa sampai di Jakarta dengan sukses.. dan lebih cepat lebih baik…

 

Entahlah… aku mungkin ke kantor dengan keadaan kucel seperti ini,..

Untung aku membawa kemeja ganti.. nanti kayaknya bakalan terlambat dan sangat terlambat masuk kantor…

 

Sekali lagi.. maaf ya buat boss ku dan teman-temanku…

 

Heheheheh

 

*powered by Fren*