Senin, 14 Agustus 2006

Hari Pramuka... (ah.. jadi flash back lagi..)


Tepuk Pramuka..


Plok..plok..plok…plok..plok..plok..plok..plok..plok..plok..plok..plok.plok….


 


14 Agustus….?


… Nah.. jadi ingat.. kalo hari ni adalah hari Pramuka… Gerakan Pramuka tepatnya..??


Ah.. ingat2 Pramuka… aku jadi sekilas memori dari SD sampai SMU


 


Nah.. ini yang disebut Tingkatan Siaga…


Mengenal Pramuka dari kelas 2 SD saat itu ada kartu anggotanya warnanya hijau muda.. secara saat itu aku masih tingkatan Siaga..


.. lucunya difoto.. tapi entah kartu anggota itu dimana ya..???


…mulai ada kegiatan wajib pramuka itu saat aku kelas 4 SD.. setiap hari jumat sore jam 3-5.. wajib..!!! padahal males banget sore2 kembali  lagi ke sekolah saat itu.. acaranya.. ya bermain.. menyanyi.. dan sedikit materi ajah.. tapi udah lulus Siaga Bantu ama Tata lo ya..!


baru nih di kelas 5 agak2 banyak materinya, maklum saat itu sudah Pramuka Penggalang..


duh senangnya… tandanya dari hijau sudah berganti merah.. hore..!!!


Saat itu bisa dikatakan aku mulai suka Pramuka.. maklum.. ada acara jalan2nya segala…


Saat itu ada acara penjelajahan.. tahu dong… aku saat itu menajdi pemimpin regu.. beranggotakan 6  orang…


Tapi…. (agak lupa ceritanya…)… grup kita salah jalan..


Oh tidak..!!! itu yang membuat nilainya minus.. dan batal jadi pemenang…ah.. n yesel banget..!!!


… Oh ya aku ingat sekali.. dulu aku saat Penggalang itu nama regunya.. Bangau.. pakai bendera warna kuning bergambar burung bangau.. dan dipasang di tongkat pramuka…


Waduh….


Saat itu juga sempat isi acara Pramuka di radio lokal kotaku juga…



Beranjak ke SMP… entah kenapa.. aku meninggalkan 100% aktivitas pramuka saat di SMP.. (maaf..)…


Nyesel juga sih.. apalagi saat itu ada seleksi buat ikut Jambore Nasional di Cibubur… ya gak pa-pa lah…


Secara saat di SMP aku lebih suka ikut ekskul musik, gamelan jawa dan mading.


Jadi ya.. selama 3 tahun di SMP sama sekali gak menyentuh Pramuka… tingkatan Penggalang hanya di satu pangkat ajah.. yaitu Penggalan Ramu.. (salah gak ya..)


 


.. akhirnya.. masuk SMU.. aku agak2 tertarik masuk Pramuka kembali…


Aha… walaupun dulu juga ikut PMR, Mading, OSIS.. tapi Pramuka.. kayaknya seru juga…


Daftar…


Selam di kelas 1.. kita bener2 jadi Yunior..(sebutannya..)


Latihan rutin setiap hari Jumat jam 2 pulang jam 5 sore..


Lebih banyak adalah kegiatan lapangan.. jadi yang namanya push up, sit up, jalan jongkok.. dah makanan tiap latihan fisik..


Belum lagi.. latihan mentalnya… dibentak-bentak.. diolok2… dimalu2in..


Ah… itu pelajaran berharga bangget..


Kenapa..??


Karena secara Pramuka di SMUku dulu.. kita lebih dididik plus untuk menjadi orang yg tahan banting.. tahan mental.. dan tahan fisik..!!!


 


Yang namanya bermain lumpur.. di sungai.. dihutan di kuburan..


Terkena panas.. terkena dingin… tersesat di hutan.. tersesat di laut.. sendirian di hutan malam hari..  naik gunung.. berkemah.. survival.. kelaparan.. kehausan..kesakitan… menangis saat renuangan malam di hutan…


 


Akhirnya itu menjadi hal yang biasa.. dulu..


Karena setiap libur cawu (jamanku dulu SMU).. kita selalu ada diklat.. dan dilakukan di alam bebas.. entah di gunung, pantai, area baru...  dan sebagaianya…


Dan kadang.. di hari sabtu atau minggupun kita  masih ada acara di sekolah pula..


Diklat itu ada tingkatannya, untuk mendapatkan kaos latihan, slayer, topi.. dan untuk menempuh menjadi seorang Penegak Bantara…


 


..ehm…


Saat itu.. aku ingat sekali… untuk pelantikan slayer (semacam kain segitiga seperti srcaf) di monumen Dr. Sutomo,. Dan kita harus berjalan dari sekolah sejauh 20 km.


.. untuk pelantikan Penegak Bantara.. kita berasa di Lereng Gunung Wilis… entah aku lupa namanya…


 


…Ah.. akhirnya sudah naik ke kelas 2.. dan aku resmi jadi Penegak Bantara.. ad asejenis pangkat dipakai di pundak..!! mantab..!!


.. jadi senior nih ceritanya… ah.. tapi ya gak semena-mena sih.. walaupun kaang unsure balas dendam tak dipungkiri..


tapi asyik juga ikut pramuka dulu.. secara bisa jalan2 gratis.. camping gratis.. dibayarin oleh sekolah…


..sampai berkemah di Pujon – Malang, Prigi Trenggalek, Air terjun di Kediri, Lereng2 Gunung di Nganjuk (ada 2 Gunung, Wilis ama Pandan..)



Tak terhitung dengan kata2 de segala ceritanya…


Sampai aku akhirnya naik pangkat menjadi Penegak Laksana.. dan salah satu ujian terberat adalah,… harus menempuh pengembaraan selama 3 hari 2 malam.. keliling kota Nganjuk…


Kalau di total km nya. Entah bisa 60 lebih…


Capek.. panas… lelah.. dan gak karuan2 emosinya saat itu..


Maklum.. baru anak SMU..


 


… Wah… begitu banyak kenangan dengan Pramuka…


tak ada salahnya hari ini.. Pramuka genap berusia 45 tahun..


Selamat hari Pramuka.. semoga generasi Indonesia bisa lebih memaknai untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka..!!!


 


….


Salam dan terima kasih.. dan kenangan… temen2 di Gugus Depan 01-005.01-006 SMU Negeri 2 Nganjuk…


 


(P’ Asob, P’ Mawan, HT, Jetlee, Indra, Soel, Sugi, Afiid, Diani, Lina, Dhian, Aryata, Henri, Andryas ..ah.. banyak sekali… salam kangan buat kalian semua… angkatan XVI khususnya..)


 


 (maaf tidak ada fotonya.. fotonya ketinggalan di Nganjuk..)


foto diambil dari http://www.pramuka.or.id