Minggu, 22 April 2007

(suka dulu..) camping....



 


 Camping.....



Ya..itulah salah satu hobiku dulu disaat SMU dan saat kuliah..




Dulu saat SMU yang namanya setiap libuan catur wulan. Pasti akan aku habiskan waktu untuk camping.




Secara dulu aku memanfaatkan adanya organisai PMR dan Pramuka yang notabene selalu mengadakan acara outing untuk diklat yang tentunya diakan di luar sekolah.


Entah itu di gunung, di bukit di hutan, di balai perkemahan di pantai… ah.. tentunya di alam pokoknya..




Kalau hanya sabtu minggu saja, biasanya dilakukan di sekolah saja, dan itu tidak mengambil waktu disaat libur catur wulan.




Dari semua kegiatan diatas disaat SMU tentunya gratis.. itulah yang menyenangkan tentunya. Jadi tidak mengeluarkan uang saku sama sekali tentunya.




Karena dulu saat SMU setiap siswa ada iuran untuk semua organisai baik OSIS, Pencinta Alam, PMR, Pramuka, Majlis Taklim, English Club dan Seni, yang digabungkan dengan SPP perbulan yang dibayarkan.




Ambil contoh saja Pramuka, dulu setiap bulan iurannya adalah 500 perak. Dikali jumlah siswa kelas 1-3 sekitar 1200 dikali 12 bulan. Jadinya 7,2 juta. Nilai yang besar saat itu untuk dipakai anggaran selama setahun.


Dan sekian banyak acara bisa dilaksanakan dengan dana segitu..




Dengan persiapan rapat, penentuan dana, lokasi dan tentunya meminta persetujuan Kepala Sekolah, beres dah…


Berbekal tas ransel membawa baju, makanan seadanya, obat2an pribadi, sandal, dan baju seragam.. cukup!


Karena untuk konsumi makan sehari-hari sudah dipersiapkan oleh tim konsumsi utnuk membuat dapur kecil-kecilan disana.


Pas kelas 2, akupun menjadi sekretaris Gugus Depan Pramuka di SMU dulu. Jadi hal2 persiapan pastinya aku selalu mengikutinya.




Yang berkesan adalah.. masa-masa berkumpul dengan teman-teman. Ada suka, ada tawa, ada sedih, ada takut, ada lapar.. semua dinikmati bersama..




Berangkat dari sekolah, berkumpul, membawa sekian bekal, tenda dan peralatan2 yang dibutuhkan untuk 4 hari, menaiki truk rame-rame.


Dan akhirnya mendirikan tenda, membuat acara di alam.. makan, tidur, jalan-jalan, penuh dengan peluh dan konflik kadang..


Tetapi semua itu menjadi cerita manis akhirnya… dan aku bisa tersenyum sendiri jika mengingatnya..




Dengan lokasi SMUku di Nganjuk. Dulu selain bebeapa tempat di lereng Gunung Wilis, lereng Gunung Pandan yang masih di lingkungan kabupaten Nganjuk. Kitapun juga beberapa kali ke area pantai di Trenggalek, Air Terjun di Mojokerto dan di Malang. Danau di Madiun… dan sekitarnya.




Disaat kelas 1 SMU memang terasa berat. Karena posisi kita saat itu menjadi junior. Jadi intinya masih dalam taraf pendidikan oleh senior kelas 2 dan pembimbing kelas 3.


Bahkan saat kuliahpun pas ada kesempatan walaupun sudah menjadi alumni organisasi itu, tapi bisa juga kita bergabung sebagai alumni yang ikut menemani dan menjaga kegiatan itu.




Bagaimana rasanya menyatu dengan alam. Memasak makanan sendiri. Jalan malam-malam di hutan, menerjang semak belukar, menaiki bukit, basah kuyup di sungai dan oleh hujan,.. gelap.. dan kadang lapar dan haus terasa.




Ah… sebuah pembelajaran alam yang aku rasakan juga.




Pernah dulu tanganku digigit kalajengking, jauh terperosok ke jurang, bermandi lumpur karena terpesorok, tergores semak belukar, tersesat di hutan, kedinginan kehujanan di malam hari, atau malah harus menahan kaki yang sudah terasa lemas menaiki bukit. An juga ada beberapa teman yang sakit, kerasukan makhluk halus. Dan mungkin permasalahan dengan orang sekitar juga pernah.




Dengan total yang ikut sekitar 70 orang.. membuat tidak akan pernah sepi. Lupa sesaat rutinitas sekolah. Bisa berkumpul dan berlatih untuk hidup dengan alam, berlatih mengadakan acara dan berani mengambil keputusanlah yang akhirnya terasa sampai sekarang..




Ah temans SMUku dulu.. jadi kangen kalian semua..




Hobi ini masih berlanjut sampai aku kuliah.


Tetapi dulu lebih sering menggunakan uang sendiri.. walaupun aku dulu juga ikut beberapa organisasi di kampus tetapi tidak ada acara khusus outing penjelajahan alam disini. Secara dulu hanya ikut Himpunan Mahasiswa Jurusan, PSM dan Seni. Jadi pas outing liburan semester hanya acara di villa di Batu, Tretes atau di Pasuruan saja yang aku rasakan…


Untuk nafsu camping aku rasakan bersama beberapa temanku yang sehobi. Walaupun masih didaerah sekitar Malang, Pasuruan dan Probolinggo yang notabene penuh dengan gunung-gunung disana… karena dengan dana yang terbatas dengan menyisihkan uang saku.






Ehm… sekarang..???




Sepertinya aku terlupa untuk itu… aku sudah jauh dengan itu…


Hanya beberapa kali aku mengunjungi alam itu… itupun tidak seperti dulu bagaimana aku bisa benar-benar menyatu dengan alam untuk sekian hari..




Pengen jadinya… berharap ada kesempatan lagi nantinya…




Dedikasi untuk teman2 Pramuka dan PMR SMU 2 Nganjuk.


Temen2 kuliah, Fey, Soel, Zonk, Dien yang hubi banget camping




*foto diambil tahun 2001 saat semester 2 camping di Bromo dan satu lagi dengan seragam resmi Pramuka tahun 1999 saat di pantai Prigi, Trenggalek*