Senin, 29 Mei 2006

..yang tertunda dari Jogja...

Jogja… 27 May 2006….


Setelah dari Oh la la café di Saphir Square, akhirnya jam 01.30 nyampai hotel… masuk.. bersih2 dan.. siap2 tidur..


Agh… udah jam 2 malam.. aku harus tidur. Karena besok aku mau jalan2 ke malioboro mencari barang2 yg asyik pikirku…


 


………….zzzzzzz……………zzzzzzzzzzzzzzzz…………………………………………..zzzzzzzzzzzzz…..


 


entah jam berapa.. tiba2….


Astaga……..!!!!!!!... Astagfirulloh…!!! Goncangan dimana-mana… antara mimpi dan gak mimpi…


Masih ngantuk sekali… aku hanya lari-lari di dalam kamar hotel.. sendirian…


Bingung sekali… apa ini..????? pertanyaan itulah yang masih menghayut beberapa saat di awal..


Dan ternyata…. Sadar.. setelah goncangan itu reda… yak.. ini gempa bumi…!


Ya gempa bumi….


Aku ingin berlari keluar.. tapi entah bingung atau kenapa.. karena posisi kamarku itu di lantai 2.. terasa banget..!!


Aku mau lari juga masih pakai boxer saja.. duh!!!! Dan membuka kunci kamar seolah-olah juga susah sekali…


Aku hanya bisa duduk dikamar.. sambil diam.. dalam hati… apa ini..???


Ah… aku mencoba kuat.. dan santai…


Aku mencoba telpon temenku.. tapi jaringan susah sekali…


Aduh… aku baru sadar.. batere hpku tingal sedikit… mau habis.. aku semalem lupa nge charge… tapi..???


Listrik padam..nah…


Akhirnya aku coba telpon kakakku di Nganjuk berharap kalau telpon ke jaringan PSTN akan bisa… yak.. bisa.. aku hanya bilang… lagi ada gempa di Jogja .. tapi baik2 aja kok…!


 


Sekitar jam 6.30 ada sms masuk.. dari boss ku yg memang sedang berlibur juga ke Jogja…


“Yk baru ada gempa hebat” gitu aja isinya..


Langsung aku telp tapi gagal….



Beberapa gempa susulan terjadi… tapi hanya beberapa detik.. namun jantung udah berdegup kencang…


Aku masih bertahan di dalam kamar hotel.. pikirku.. mungkin semua baik2 aja…


Jam 7 aku mau mandi.. tapi….. tiba2 gempa susulan…. Wah.. ini agak kencneng juga.. agh.. seperti susah digambarkan dengan kata-kata keadaan ini…


Akhirnya jam 8 aku baru mandi.. aku biarkan pintu kamar mandi terbuka.. biar sewaktu2 lari gampang.. tapi pintu kamar hotel tetep aku tutup.. ntar aku diintip lagi.. heheheh..


Jam 8.30 aku keluar hotel.. cek out.. dan diem…


Baru keluar hotel…


Masya allah… jalanan begitu amburadul.. orang2 semua duduk2 di jalan.. terlihat penh sesak..karena listrik  mati, jadi lampu lalu lintas juga padam…



entah ini diantara tega dan gak tega….


Aku sebenanrnya mau mengabadikan moment seperti ini.. tetapi aku gak tega.. aku nangis dalam hati rasanya…


Di jalanan deket keratin itu.. banyak orang2 terlihat shock dengan tatapan kosong… dan beberapa tunawisma pun.. terlihat bercucuran darah dengan kain perban…


Aku masih berjalan… dan terlihat tidak percaya… separah inikah..???


Akhirnya aku menemui RS PKU Muhamadiyah.. terlihat para korban sudah sampai di jalan2 untuk dirawat dan diinfus.. suara sirine ambulan bergaung diantara suasana waspada kota


Bberapa rumah retak dan atapnya roboh…


Sampai aku di perempatan BI Jogja,.. Gedung BNI sebagian temboknya runtuh.. kantor pos besar dan BI yg merupakan  bangunan kuno dan kokoh.. hanya terlihat retak dan atapnya banyak yg bergeser…


..akhirnya aku hanya duduk di depan monument benteng vandeburg.. selama kurang lebih 30 menit,.. karena saat itu aku gak bisa menghubungi pakai HP,.. dan batereku tinggal sedikit…


jadi aku harus menghemat sekali batereku…


Hisapan rorok sedikit menemani pagi ini…


Terlihat suasana kota panik.. lalu lalang kendaraan tak beraturan… para polisi berjaga disetaip perempatan mengatur lalu lintas…


Ah.. aku berjalan menyusuri malioboro.. berharap ada sarapan pagi ini yang bisa aku santap..


Tapi… terlihat hanya suasana orang duduk2 dan terlihat bercerita pengalaman2 selama gempa..


Tidak ada sama sekali aktivitas malioboro seperti biasa.. padahal sudah jam 9.30 saat biasanya sudah muali menggeliat aktivitas malioboro…


Sampai di mall malioboro… astaga… retak2 yg parah terjadi… bberapa tembok runtuh… dibelakang bangunan itu terdapat hotel ibis… keadaan lebih parah.. bberapa kaca pecah.. retak jauh lebih parah….


… aku langsung menuju hotel temanku di deket stasiun tugu… ternyata temanku tidak ada dikamarnya…


kemana ya…?? Aku telp tidak bisa..


Agrh… aku hanya duduk2 di depan bank mandiri malioboro..


Terjadi beberapa gempa susulan juga disana…


Terlihat beberapa wartawan berusaha mengabadikan moment itu…


Didepanku trdapat wartawan metro tv yang akan mengadakan live report,… saat sedang mewawancarai orang tiba2 gempa susulan terjadi.. tapi gak lama dan gak parah ternyata….


 


Arghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.. bingung.. itulah yang aku rasakan…


Aku hanya bisa berdoa dan berharap semua baik2 saja…


Miko temanku sudah gak bisa di hubungi lagi.. entah gimana nasibnya…??? Hanya berdoa saja…


Jam 11 siang sms Miko sampai… dia bilang dia baik2 saja dan sedang anter ortunya ke terminal…


 


Pikirku kalau aku harus menunggu ketemu dia.. aku kasihan juga merepotkan dia…


Jam 12 aku putuskan untuk segera menuju Nganjuk.. ya Nganjuk.. setelah sekain sms dari kakakku yg bisa masuk untuk menyuruh aku ke Nganjuk….



Akhirnya jam 1 aku meninggalkan Jogjakarta.. dengan melihat pemandangan yang ironis… rumah rubuh,.. bangunan dengan kaca hancur…


Dan… Saphir Square tempat nongkrong semalam pun lobbynya roboh.. retak dimana2…


Mall Ambarrukomo tempat nonton X-Men 3 pun.. juga reka dan beberapa tembok runtuh….


Sepanjang jalan sampai kawasan Prambanan daerah Klaten ribuan rumah rusak dan roboh…


Mendekati Solo.. berangsur2 sudah agak mendingan……


Jam 5.15 mampir dulu untuk makan di rumah makan daerah Ngawi…


Pikirku disini sudah aman… dan perut terasa lapar sekali.. baru terisi makanan dari pagi yg kosong…


Setelah menyantap ayam bakar… perjalanan berlanjut…


Di kawasan hutan di daerah Ngawi.. Caruban… dan akhirnya.. sampai juga di Nganjuk jam 8.00 aku mampir sebentar di alun2 Nganjuk.. dan pusat kota Nganjuk..


Di kota ini.. kota kelahiranku… aktivitas baik2 aja… ramai sekali.. karena memang malam minggu…


Dalam hati…. Aku siang tadi mengalami kejadian mencekam di Jogja tapi malamnya di Nganjuk.. seperti tidak terjadi apa-apa…


Pukul 20.45 aku sampai rumah.. ya.. dengan peluh dan cerita.. aku sampai juga di rumah masa kecilku….


Sedikit bisa menentramkan.. dan membuatlu lega …dan dekat dengan orang2 yang aku sayangi…


Sedikit cerita saja…..


 



doaku tetap berujar..


Ikut berduka cita untuk musibah gempa bumi di Jogjakarta dan Jawa Tengah..


Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,.. dan kekuatan iman untuk mendapat cobaan dari Allah swt.



 


(maaf sekali… aku tidak memuat foto2 kejadian gempa disana.. karena aku yakin.. di tv&koran lebih banyak…)


 


……..


 


Minggu pagi.. 28 Mei 2006.. aku masih bisa berjalan2 menyusuri Nganjuk.. dan siangnya masih bertemu dengan kelaruga besarku disana..


Jam 2 sore.. aku menuju Jakarta kembali….


 


Jakarta… 8.15’.42”…