Rabu, 01 Oktober 2008

..ada berubah, disana... apakah aku juga?

Sebenarnya setiap lebaran aku selalu pulang ke rumah di kampung..
Cuman kadang memang tidak selalu bertemu dengan semua keluarga besar, saudara, dan sanak kerabat yang sudah lama tidak bertemu.
Alhasil.. kadang waktu bertemu merekapun bisa dikatakan sekian tahun sekali..
Ya karena mungkin di saat aku ada di rumah, mereka ada acara tersendiri, dan kalaupun aku pulang mudik, itupun juga tidak berlangsung lama, paling hanya sekitar seminggu saja.

Nah, itulah yang membuat kadang sekian terkaget dengan adanya perubahan dengan apa yang sudah sekian lama tertinggal cerita dan perkembangan..

Inilah yang juga terjadi pada aku, disaat aku pulang mudik tahun ini..
Lebih tepatnya setelah dari kemarin minggu aku sampai di kampung halamanku lagi..

Perubahan cerita dan pekembangan tidak hanya di saudara-saudaraku saja, teman dulu di SD, SMP dan SMU pun pasti ada skeian kejutan yang ada..
Bahkan malah kotaku juga.

Oops..!
Mulai dari sekian temen SD ku..
Dhona yang dulu jagoan matematika di SD sekarang sudah punya anak..
Dewi si kecil mungil dengan rambut merahnya juga.. 
Bambang yang tambah gendut, atau bahkan Imam yang anaknya udah besar sekali.. hahahaha..
Selamat temans…
Itupun juga sekian tetangga di sekitar rumahku..
Ada Basuki yang sudah lama tak bertemu, yang katanya mo nikah tahun depan.. Yossi dan keluarganya sudah pindah ke Sidoarjo, atau bahkan Atong yang dengan ceirta sadis dan sedihnya harus mendekam di penjara..
Oops.. ada juga di Nurhadi yang menjadi buron polisi karena menjadi pengedar narkoba.
Kadang memang kabar itu tak selamanya sebuah kabar baik ataupun buruk..
Kabar dukapun ada.. Ibunda Andhy, temen ngajiku dulu baru minggal 5 hari yang lalu..

Akupun hari ini sholat idul fitri di masjid tempat aku mengaji selama kurang lebih 10 tahun disana..
Sekian perubahan ada disana.. ruangan kelas yang direhab menjadi berlantai 2 serta sebuah cat warna masjdi menjadi lebih bersih.
Tentu saja tadipun aku bertemu dengan teman-temanku saat aku mengaji dulu, temu kangen walau hanya bersalam-salaman menjadi lebih terasa akrab. Akupun bertemu dengan beberapa guru mengajiku dulu, yang tentu saja merekapun kaget melihat aku.. entah aku yang tambah gedhe, tambahm gendut, hahahah, atau tambah cakep.. xixixi.. tentu saja tambah dewasa.. ya.. karena aku mengaji disana di saat aku mash TK sampai aku duduk di SMP kelas 3.

Mulai dari kemarinpun aku juga bertemu dengan teman-teman selama di SMP dulu..
Rustama, yang sudah menjadi warga Surabaya, Eny dengan anak cowoknya yang lutju, dan sekian berita.. dari Dita yang sudah dipersunting dosen, Rini yang sudah mengandung 8 bulan, Agus yang akan menikah minggu depan, Hendrata yang baru lulus kuliah, Wira yang masih sibuk dengan kuliahnya di ITS, Titik yang makin super duper gendut.. :P, ..
Dan tak lupa cerita teman-teman SMU juga..
Afiid, seorang perwira yang sudah menikah dengan Dita adik kelasnya, Vivit yang juga mo nikah minggu depan, Rahayu juga…, Hatmoko dengan anak cowoknya yang mirip dia, April yang sudah menjadi ibu dokter, Diani, Nora dan Ratna, trio bu dokter yang sudah menemukan tambatan hatinya serta menjadi seorang istri. Indah dengan pengalaman malam pertamanya yang lucu, Ardiet yang hilang jejak entah kemana, Eko yang makin gendut padahal dulu kurus, Prita dan Novid dua sejoli dari SMP akhirnya merit juga, Teguh yang rajin olahraga jadi seperti binaraga badannya (piss), Retno yang menjadi sukses berkarir di bank dan menjadi istri pak polisi, Sarah cewek paling pinter yang juga sudah dipinang orang , ..

Ah… semua menjadi cerita yang unik untuk dinikmati tentunya… seperti baru kemarin saja aku lulus SMU dan masih berumur belasan tahun..
Padahal itu sudah 8 tahun yang lalu… 

Tak itu saja, perbahan di saudara-saudaraku juga demikian..
Fuad,.. yang sudah tinggi banget di kelas 3 SMP waw.. padahal dulu aku inget banget saat dia masih bayi..
Wibi yang sudah kelas 2 SMU.. huhuhu.. sekeren bapaknya..
Nizar yang semakin gendut, ..Ida yang tiba2 tumbuh menjadi manusia kecil yang manis..
Atau bahkan kehadiran 2 ponakan dari kakak sepupu yang baru berumur sekian minggu..
Waw…

Aku begitu takjub akan sekian perubahan yang ada ini..

Ya.. memang disaat lebaran memang memungkinkan untuk aku bertemu dengan sekian teman dan kerabat, karena saat-saat inilah bisa berkumpul bersama dan sekalian bersilaturahmi dengan mereka..

Aku jadi ingat dengan semua ini,
Jika aku sebenarnya sudah menjadi sangat dewasa dengan berjalannya sekian tahun ini.. ya.. bisa dikatakan bulan ini aku genap berusia 27 tahun.. sangat tidak terasa..

Waktu bukan yang salah dan sekian waktu terasa cepat berlalu.. hari berganti minggu ke bulan danke tahun…

Kalaupun aku maish merasa seperti yang dulu.. itu benar.. karena Arifien yang sekarang masih menjadi pribadi yang dulu..
Kalaupun ada perubahan, itulah sebuah hasil pembelajaran selama ini..
Hanya doa dan pengharapan agar semua ini bisa menjadi bahagia bersama, dilewati dengan penuh sukacita, untuk bagian cerita hidup nantinya..

Hidup harus berjalan dengan apa adanya seperti sekarang ini..
Bukan kenapa.. karena memang kejujuran waktu pasti akan menjawab semuanya..

Kita akan menjadi tua.. dan begitulah setiap generasi hidup akan berganti.. seperti roda berputar karena itulah juga dunia juga berputar.. alam menjadi saksi bagian itu, karena manusia adalah sebuah anugrah alam dan isinya menjadi cerita hati dalam kisah-kisah dari masa lalu ke masa depan untuk penerus kita..

Sebuah jabat erat dari aku.. untuk sayang serta damainya tentram..
Arifien, ya… aku masih harus melewati sekian kisah lagi..
Dan itu harus..

Tidak ada komentar: