Jumat, 23 Juni 2006

edisi Pisang...


Banana…. Pisang… Gedang (kalo bahasa sunda pepaya yak..)


Buah satu ini udah aku kenal dari kecil kali ya...


 


Dulu di belakang rumahku, hanya dengan pekarangan belakang sekitar 10*10 meter  luasnya berjajar beberapa pohon pisang… saat itu hanya ada 2 jenis, yaitu pisang kepok, sama pisang raja.


 Entah dari kapan pohon itu muncul, aku tanya bokap juga gak tahu awalnya tumbuh…


Tahu2 ada.. dan terus beranak pinak..


Argh… sejak saat itu.. aku mulai suka makan buah pisang, karena buah ini juga gak beli… jadi dimakan aja kalo waktunya masak..


Kebayang dulu pohon pisang kapok yang batangnya gedhe banget,.. kalo udah masak buahnya baru ditebang pohonnya… susah bener…


Habis itu lenyap pohonnya.. tapi… di sebelahnya anak2nya sudah siap menggantikan posisi untuk menjulang tinggi...


Urgh.. otomatis lah.. hilang satu tumbuh lagi.. lagi..dan lagi…


 


Kira2 total semuanya itu sekitar 10 pohon lah.. cuman gak habis2..


Ya tahu lah perkembangbiakan pisang kan gampang sekali….


 


Ups! Sampai sekarangpun aku masih suka pisang.. entah pisang itu dimakan biasam digoreng, direbus, dimolenm dibuat kue, dibuat roti, dikeripik, di bakar atau malah di juss..


Gak ada matinya!!!


 


Pisang yang paling gedhe aku temuin adalah pisang Agung, dari mananya udah ketahuan yak..


Pisang ini khas dari kota Lumajang.. gedke banget, ukurannya seperti lengan orang dewasa.. gak mungkin banget dimakan 1 buah.. teler2..


Biasanya pisang ini dibuat keripik atau digoreng dan dikukus…


 


Pisang terkecil yang aku temuin aalah pisang unyil, aku temuin di daerah Sukabumi, ukurannya hanya seujung jempol orang dewasa… duh!!!


Bukanya aja susah.. satu sisir harganya kalo gak salah sekitar 3000 rupiah.. rasanya agak2 manis gitu dee..


 


.. cerita nih…


pernah dulu pas waktu kuliah.. kita ngerjain tugas kelompok di salah satu rumah temen.. nah.. saat itu malem2 kita kelaperan semua.. dan sebagian besar kita2 adalah anak kost..


tuh.. dilihat di dapur rumah temenku ada pisang agung banyak oleh2 dari sodaranya..


akhirnya kita rame buat pisang goreng.. wah.. seru. Banget… hanya dari 3 buah pisang udah dapet bertubi-tubi pisang goreng, sampai kita2 pulangnya bawa pula.. kekenyangan pisang goreng…


(Thx yanie, nita, adji, vivit,..jadi kangen ngumpul2 lagi… di gardena 6, malang)


 


.. sekarang.. aku biasanya makan buah pisang itu 1-2 buah per hari.. entah lah.. masih suka…


jadi aku beli seminggu 2 kali..  sekilo 7500 di kios buah pinggir jalan,.. sekali beli 5-6 aja, itupun udah sekilo lebih…


gak mau nyimpen lama2 karena pisang disimpen di kulkas juga gak enak…


yg ini pisangnya namanya sunpride, entah dari mana asalnya…


 


…aku yakin pisang menyehatkan..


tapi entah sampai kapan aku bosen makan pisang…


.. tapi… sekarang.. apakah di halaman belakang rumahku masih ada pohon pisang yak..


ahh ntar aku tengok pas agustus waktu pulang kampung…


 


..


ups, jadi inget kalau pisangku habis.. jadi ntar pulang kantor wajib beli pisang…