Rabu, 21 Juni 2006

..kenapa harus gak bisa tidur..?

Kenapa gw selalu mengeleuh kurang tidur yak.. mata merah,.. bau batal guling masih terasa…


Padahal gw minggu ini ampun2 banyak kerjaan… capek,.. kok malah kurang rehat..???


 


Jadi inget dulu saat jaman2nya kuliah..


Yup, gw ngalamin yg namanya susah tidur,… sampai2 beberapa kali harus disupport obat tidur..


Brrrrrzzzzzhh…!..


Awalnya karena dulu di kost-an waktu kuliah, kita punya kebiasaan untuk kumpul2 tiap malem.. entah nonton tv bareng,.. main gitar bareng, main kartu bareng, makan bareng, sampai nonton bareng… halah!!!


..Akhirnya karena punya kebiasaan itu jadi kalo malem itu harus ada aktivitas..


Beda banget dulu saat2 SMP atau SMU.. karena gw dulu tinggal di kota kecil jadi jam 9 malem aja it udah tergolong malem, dan sepi di kota,.. so jam 10an udah tidur… (apalagi gw dulu SMU masih jadi anak baik2… wakakakakaka)…


 


Berlanjut masih soal penyakit susah tidur…(penyakit..???)


Kadang orang beranggapan .. “Ah itu hanya karena lo kelaperan kali..”..


Gak juga.. justru kalo kekenyangan malahgak bisa tidur…


..”Atau karena lo siangnya tidur…jadi malamnya susah tidur..”.


“Kadang memang kalau siangnya tidur kita malmnya bakalan melek.. , tapi itu gak mesti juga.. gak tidur siangpun.. tteupp  aja susah tidur…”


.. akhirnya kebiasaan kurang baik itulah menjadikan kebiasaan buruk hampir setiap malam datang menghampiri… coba kalo datang datang yg lain…???


Gw dulu pas kuliah kadang2 harus menelan obat tidur agar bisa cepet merem.. karena banyak sekali jadwal kuliah pagi gw. Atau justru harus ujian jam 7 pagi..


Gw gak mau setiap pagi harus tergesa-gesa ke kampus… lari ke kampus… naik tangga ke lantai 3 dengan terengah-engah.. dan mengetok pintu ruangan kuliah..


“Maaf bu .. terlambat..”… trus duduk dengan peluh membasahai baju.. duh..!!!


Pa lagi dulu gw ikut band dan PSM sata kuliah dan latihannya paling banyak malem hari sampe jam 12-1, lebih ganas kalo pas mau ada events..


… Gw sempat ketergantungan obat tidur selama kurang lebih 5 bulanan.. jadi kalo susauh tidur… minum!!!


 akhirnya, setelah gw sadar kalo itu tidak baik.. gw harus menjalani terapi buat ngebersihin ketergantungan obat tidur itu,.. saat itu nyokap sih yang nyariin obatnya…


Entah terapi apa yang diberikan, tetapi gw harus minum beberapa ramuan yang pahit rasanya… huh!!!.. tersiksa..


Tapi gak pa-pa.. katanya itu buat ngebersihin racun di diri gw….


Walaupun gw udah janji gak pake obat tidur.. tapi kadang teteup aja penyakit itu kambuh lagi… tapi akhirnya gw berusaha punya kebiasaan untuk tepat waktu, teratur jadwal… dan gak begadang terus… ya lumayan sih agak2 terbantu.. walaupun tteup.. saat tidur gw dibantu oleh suara musik,.. dan saat itu untungnya Radio Makobu Malang.. siap menemani…



tapi… pas gw masuk semester akhir2.. hal ini tak bisa diberlakukan…


Saat itu harus nyelesaikan skripsi.. trus.. tugas2 yg bejibun.. gila!!!


Begadang sampai pagi.. ke kampus pagi harinya pula… hanya beberapa jam tidur..


Kenapa..??


Karena saat itu gw bener2 pengen lulus…


Bisa dikatakan gw udah capek di kampus,.. denganurusan yang beribet, dan jujur neh, gw kuliah untuk jurusan yg gak gw suka…


Untungnya ge dapet dosen pembimbing yang galak.. jadinya gw terpacu untuk cepet2 kelar..(thx p’Ony)… karena pasti kena marah… kenapa gw terlambat konsultasi dan kasih revisi.. hik..hik!


… setelah lulus…


Gw harus pinah ke Bogor.. nah.. apalagi nih..???…


Gw harus misah dengan banyak orang.. gw sendiri di Bogor… Ugh! syndrome susah tidur menyerang lagi… selama 6 bulan gw kost sendirian di dearah Pajajaran, membuat gw tiap malem gelisah.. du..duu..duu…!!


Akhirnya gw mutusin untuk kontak rumah di kawasan Lido,..


Gw bener2 merasa damai banget disana… adem, sepi, sejuk, dan nyaman banget..


Mungkin itu didukung suasana hati yg nyaman pula, jadi istirahat gw jadi nyaman, sehingga bisa istirahat dengan baik,.. ngorok dengan baik.. dan ngiler dengan maksimal.. hehehehe…


 


Setelah 1,5 tahun disana… gw harus pindah tempat tinggal.. dan.. sekarang di Bekasi..


Ups..!! dan hari ini.. gw ngantuk banget… semoga penyakit itu tak kambuh lagi.. karena salah satunya gw terinspirasi oleh keteraturan berolahraga tiap hari, sehingga tidurnya bisa nyenyak..


Argh.. .. gw ngantuk!